SALAH SATU PENYEBAB KEAUSAN BAN TIDAK RATA PADA MITSUBISHI CANTER

CANTER BAN DEPAN MAKAN TIDAK RATA,INI PENYEBABNYA


BAN - Merupakan bagian dari kendaraan yang berfungsi menopang beban muatan dan beban kendaraan itu sendiri.Perlu di ingat bahwa ban merupakan komponen yang perlu di periksa setiap saat karena berpengaruh terhadap kestabilan dan keselamatan dalam berkemudi di jalan.

Keluhan banyak sekali datang dari para driver dan pemilik kendaraan mitsubishi colt diesel canter ini yaitu ban depan mengalami makan tidak rata sehingga akan berpengaruh terhadap steering saat jalan terutama saat di jalan tidak rata atau bergelombang.

Banyak sekali penyebab dari keausan ban depan yang tidak merata karena beberapa faktor.Kali ini saya akan memerikan informasi beberapa penyebab makan ban depan tidak rata.Ada yang bagian dalam cepat habis,termakan seperti tersayat-sayat.Dan juga termakan pada bagian dalam dan luar ban sehingga ban bagian tengah tidak mengalami keausan.

Pertama periksa suspensi dari per depan ada yang patah atau tidak.Bhusing per dalam keadaan kencang dan tidak goyang.Jika goyang maka diperlukan memberikan shim terhadap bhusing per bagian depan dan bagian belakang.Kedua adalah king pin mengalami play yang banyak atau kocak.Kocak ini bisa disebabkan oleh kingpin itu sendiri atau dari hub bearing yang sudah aus.Jika king pin dan hub bearing kocak maka diperlukan perbaikan sampai tidak ada yang bermasalah.

Selanjutnya adalah pemeriksaan shock absorber suspensi depan masih dalam keadaan baik atau sudah bocor.Sehingga akan menyebabkan suspensi miring sebelah dan kerja dari suspensi tidak normal dan bisa menjadi salah satu penyebab makan atau keausan ban tidak merata.Keempat adalah periksa tierod dan drak link apakah mengalami kocak atau tidak.Jika kocak maka diperlukan penggantian.

Setelah semua yang di atas saya jelaskan sudah dalam kondisi baik maka diperlukan pemeriksaan toe in yaitu panjang roda depan kanan dan kiri bagian depan dengan panjang roda depan kanan dan kiri pada bagian belakang.Ini harus ada selisih kurang lebih 1-2 cm yang di ukur dengan meteran.Jika nilai terlalu kecil atau besar maka akan mempengaruhi keausan ban itu sendiri.

Langkah terakhir adalah membalance roda depan agar seimbang putaranya terutama saat kendaraan berjalan kecepatan tinggi.Apabila ban tidak balance maka saat kendaraan berjalan ban terlihat goyang sehingga akan mempengaruhi keausan ban,yaitu ban tersayat-sayat.Jangan lupa selalu periksa tekanan angin ban depan agar tidak terjadi keausan ban di bagian samping atau tengah.

Dari hasil perbaikan seperti yang sudah saya jelaskan di atas agar hasil dapat diketahui berhasil dapat keausan yang merata maka di perlukan waktu kurang lebih dua minggu atau lebih.kemungkinan ban akan lebih baik keausannya dari keausan yang dulu.Pasti ada perbedaan dan tidak menutup kemungkinan hasilnya tidak bisa aus yang merata sempurna karena juga ada faktor jalan yang tidak selalu rata.

Komentar