BEARING STEERING KOCAK PENYEBAB STEERING KLETEK-KLETEK PADA PAJERO SPORT


Kendaraan pajero sport banyak mengeluhkan steering kocak.Bukan hanya di pajero sport akan tetapi juga pada mitsubishi triton mengalamai hal yang sama.Kletek-kletek ini muncul ketika saat jalan jelek atau bergelombang.Apabila sudah terlalu parah maka saat kendaraan berhenti dan steering di gerakan kekanan dan kekiri maka akan muncul tersebut.

Customer sangat tidak nyaman dengan suara abnormal tersebut karena sangat mengganggu sekali terutama saat kendaraan berjalan.Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap system steeringnya maka di ketahui suara timbul dari bearing steering seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Steering bearing ini terletak di bagian roda depan sebelah kanan,tepatnya di atas roda dengan tertutup karet.Jika kita pegang kemudian di gerakan kedepan dan kebelakang maka akan terasa sekali kekocakannya.Komponen tersebut kemudian dilepas dan diperiksa bearingnya.

Untuk mengganti bearing sebanrnya harus ganti assy steering shaftnya tersebut,namun untuk memperbaikinya cukup dengan melepas bearing dan mengganti dengan bearing yang baru.Untuk bearing dengan kode yang sama sudah banyak yang di jual di part shop sehingga kita mudah dalam mencari part tersebut.

Agar hasil maksimal dan lebih awet maka kita mengganti bearing steering dengan dua buah bearing sekaligus,sehingga hasilnya lebih kuat dan bisa umur bearing bertahan lama.Untuk mengantinya cukup mudah dengan cara melepas bearing yang lama dengan cara di pukul dari as steeringnya.Setelah lepas bersama rumah bearingnya kemudian lepas bearing.

Di rumah bearing akan terlihat coakan untuk pengunci bearing agar tidak bergeser.Karena kita nanti akan menambahkan satu bearing lagi sehingga bearing menjadi double yaitu dengan cara membuang coakan dengan di kikis menggunakan gerinda atau dikikir.Masukan dua bearing bergantian kemudian pada kedua samping rumah bearing kita lock agar bearing tidak bergeser dan lepas.

Pasang di as steering kemudian pasang di kendaraan,maka suara kletek-kletek pada steering akan hilang dan trouble sudah teratasi.Untuk melepas as steering ini pada pajero sport atau triton yang sudah dilengkapi dengan air bag sebaiknya kunci kontak di cabut dari rumahnya dan posisikan steering di lock.Jika tidak maka akan berakibat clock spring akan putus karena putaran steering over.Diharapkan berhati-hati saat melepas dan memasang steering bearing pada kendaraan.