CARA BERKENDARA AGAR MENDAPATKAN KONSUMSI BAHAN BAKAR YANG HEMAT


Banyak yang belum mengerti bagaimana cara berkendaraa yang baik dan benar agar mesin dapat awet juga didapatkan konsumsi bahan bakar yang irit dengan tenaga yang power.

Pada kendaraa saat ini termasuk mobil maupun motor sudah dilengkapi dengan indikator sebagai tanda bahwa konsumsi paling hemat pada kecepatan dan putaran mesin tertentu.Biasanya indikator ini akan menyala menandakan mesin hemat bahan bakar.

Tanda pada combination meter yaitu tulisan ECO ada yang seperti gamabr daun ataupun hanya tulisan.Jika kendaraan belum dilengkapi dengan tanda tersebut maka kita dapat mengetahuinya dengan cara dan tips sebagai berikut.

Pertama adalah dengan cara kita berkendaraa saat melakukan perpindahan gigi jangan sampai melebihi putaran mesin yang melampui batas.Misalkan pada masuk ke kecepatan gigi transmisi 2 maka sebaiknya rpm mesin jangan lebih dari 1500 rpm karena kalau dengan rpm yang terlalu tinggi maka konsumsi bahan bakar juga akan meningkat.

Kedua adalah dengan selalu menggunakan gigi transmisi tinggi pada kecepatan di jalan yang lapang.sebagai contoh jika kita berkendara di jalan tol ataupun jalan sepi dan lapang selalu gunakan gigi paling tinggi.misalkan gunakan gigi 5 pada kecepatan tersebut.

Ketiga adalah berkendaraan dengan cara mengebut akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sehingga selalu berkendaraan dalam kondisi yang normal.Karena jika ngebut juga akan berakibat terjadi kecelakaan kendaraan di jalan.

Dan yang mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar yang boros selain dari kondisi cara pemakaian adalah kondisi mesin itu sendiri,dari mesin yang mbrebet dan belum pernah sama sekali di service akan berabikat sama.Juga kondisi rem yang macet akan berpengaruh terhadap tarikan mesin berat sehingga bahan bakar juga akan boros.

Komentar