CHECK ENGINE NYALA PADA PAJERO SPORT INI SALAH SATU PENYEBABNYA


Kendaraan pajero sport jika pad engine mengalami suatu masalah maka akan memberikan tanda peringatan pada driver agar segera kendaran untuk di periksakan ke bengkel atau dealer terdekat.

Kali ini trouble yang terjadi adalah ketika waktu jalan pada kendaraan pajero sport mengalami check engine menyala secara tiba-tiba.Dengan tenaga engine mengalami kurang tenaga dan kurang akselerasi.

Setelah masuk bengkel kita periksa menggunakan scan diagnosa terdapat Exhaust Gas Recirculation mengalami mal function.Dari data diagnosa tersebut bahwa EGR mengalami suatu masalah.Apa itu EGR berikut ini saya jelaskan secara singkat.Bahwa kendaraan diesel pada pajero sport dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation atau EGR yang berfungsi untuk menurunkan temperatur di ruang bakar agar tidak terjadi knocking dengan cara mengalirkan sisa gas buang dari knalpot masuk kembali kedalam ruang bakar melalui intake manifold dari jalur EGR.

EGR di fungsikan menggunakan motor electric yang dikontrol sesuai dengan beban engine oleh engine control unit atau ECU.Karena jalur EGR adalah sisa gas buang maka akan terjadi pengumpulan kerak karbon di lubang EGR.Jika tidak selalu dibersihkan maka akan berakibat terjadi penyumpatan.

Akhirnya EGR valve akan macet dan menyebabkan motor EGR tidak dapat bekerja.Maka dalam ini motor EGR akan rusak karena tidak dapat mendorong valve yang macet akibat penumpukan karbon.Untuk memperbaikinya apabila urgent maka dengan memberikan WD atau penetrant terhadap motor EGR.Sambil di tarik manaul dengan tangan ujung motor EGR maka semprotkan penetrant tersebut sampai gerakan ujung motor EGr menjadi lancar.

Apabila sudah lancar maka pasangkan kembali motor EGR dan start engine.Jika menggunakan scan dan data diagnosis dapat dihapus maka trouble sudah teratasi.Di test jalan dan trouble tidak muncul maka perbaikan sudah selesai.

Jika kendaraan dibuat jaln trouble muncul kembali dan di scan muncul trouble sama maka motor EGR harus ganti karena sudah rusak akibat valve EGR yang macet tadi.

Komentar