HAL YANG TERJADI JIKA RADIATOR KENDARAAN ANDA TERSUMBAT


RADIATOR - Hal yang sangat sepele namun diabaikan oleh pemilik kendaraan.Mungkin dari baru kendaraan sudah berjalan 2 tahun lebih sama sekali belum dilakukan penggantian air radiator.

Bagi yang kurang mengerti akan mesin dari sebuah kendaraan maka dengan membaca artikel ini akan membantu tambah pengetahuan tentang perawatan sederhana dikendaraan.Diwajibkan setiap pagi sebelum memakai kendaraan sebaiknya selalu memeriksa jumlah dari oli mesin,air radiator,air aki,minyak rem,minyak power steering dan komponen lain yang mudah untuk di lihat dan diperiksa.

Kurang pahamnya akan fungsi dari air radiator sering disepelakan dengan hanya menambah jumlah air radiator jika jumlahnya berkurang.Padahal untuk kendaraan perlu dilakukan penggantian dan pengurasan air radiator di mesin.Pernahkah anda lihat perubahan warna air radiator dari kendaraan baru ada yang berwarna pink,hijau atau yang lain tergantung dari merk kendaraan itu.

Perubahan warna air radiator sebenarnya sudah memberitahukan isyarat kepada pemilik kendaraan bahwa air radiator mengalami campuran kotoran yang masuk ke dalam engine dan radiator.Kotoran ini menyebabkan perubahan warna dan apabila sudah terlalu lama maka berubah jadi coklat bercampur menjadi lumpur.

Jika dibiarkan terus menerus maka lumpur tadi akan menggumpal dan menyebabkan ketersumbatan pada kisi-kisi di radiator.Apabila sudah tersumbat maka aliran air di system pendinginan mesin akan tergganggu dan menyebabkan temperatur mesin akan panas.

Temperatur panas hasil dari radiator yang tersumbat akan berpengaruh terhadap kondisi ac yang akan panas meskipun switch dalam posisi on.Untuk itu segera lakukan pemeriksaan air radiator pada kendaraan anda.Jika sudah berubah warna keruh kecoklat-coklatan maka sebaiknya air radiator segera di kuras dan diganti dengan air yang baru.

Radiator yang sudah tersumbat sebaiknya segera dikorokkan ke ahli radiator sehingga kisi-kisi akan menjadi aliran yang lancar dan tidak menyebabkan tersumbat kembali.Maka temperatur engine akan pada posisi normal sehingga kendaraan aman dan nyaman saat dikendarai.

Komentar