HAL YANG TERJADI PADA AUTOMATIC TRANSMISION JIKA ENGINE OVER HEAT


OVER HEAT - Pada kendaraan sebisa mungkin dihindari karena bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah pad kendaraan anda.Jika sampai terjadi hal ini maka biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan tidaklah sedikit.

Pada khasus engine over heat yang akan terkena dampak langsung pada cylinder headnya,yaitu berubah bentuk menjadi melengkung.Meskipun melengkungnya tidak bisa dilihat secara kasat mata namun ciri-ciri yang dapat bisa dilihat adalah semburan air radiator ketika kendaraan di start pertama kali.

Selain itu kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis juga akan kena dampak yang signifikan.Over heat yang parah bisa menyebabkan transmisi otomatis mengalami kerusakan.Baik dari segi clucth yang hangus karena terbakar yang diakibatkan oleh minyak atau oli transmisi otomatis ikut berubah warna karena temperatur yang terlalu panas.

Saat engine mengalami over heat maka transmisi otomatis juga akan terpengaruh.Karena oli matic didinginkan oleh air radiator sehingga jika air radiator bocor dan habis maka tidak ada pendinginan di system autmaticnya sehingga oli matic juga temperaturnya naik dan menyebabkan kerusakan pada clucth di automatic transmision.

Jika kendaraan pada enginenya sudah diperbaiki setelah terjadi over heat maka sebaiknya dilakukan penggantian oli transmisi otomatisnya.Sehingga kendaraan akan tetap dalam kondisi prima dan saat kendaraan berjalan tetap dalam kondisi yang baik.Jika tidak dilakukan penggantian oli maticnya maka bisa jadi power engine akan menurun karena kerja dari clutch transmisi otomatis tidak maksimal atau bisa jadi selip.

Memang kendaraan dengan transmisi otomatis diperlukan penanganan dan perbaikan yang khusus sehingga kendaraan tidak selalu rusak saat di gunakan.

Komentar