KAPAN WAKTUNYA PENGGANTIAN OLI TRANSMISI OTOMATIS DI MOBIL MATIC


AUTOMATIC T/M OIL - Bahwa kadan orang atau pemilik kendaraan tidak mengetahu bahwa kapan dilakukan penggantian oli transmisi otomatis atau oli transmisi manualnya.

Perbedaan oli transmisi manual dan otomatis sangat berbeda jauh dan jika dipakai pada tipe yang salah maka bisa menyebabkan kesalahan pengoperasian dan kerusakan komponen transmisi.Untuk transmisi manual menggunakan oli tipe SAE 90 GL 4,akan tetapi untuk transmisi matic berbeda menggunakan oli khusus seperti ATF Dextron III atau lebih tinggi tingkatannya.

Maka dari itu kendaraan yang menggunakan tipe transmisi otomatis pada olinya juga perlu dilakukan penggantian secara berkala agar tidak terjadi kerusakan pada maticnya.Seperti oli mesin  pada oli matic juga perlu diganti.

Kapan waktunya ganti oli matic ?
Apakah sama penggantian oli matic dengan oli mesin atau sama dengan oli transmisi manual.Ternyata berbeda untuk penggantian oli maticnya,jika oli mesin diganti setiap 10.000 km dan oli transmisi  manual diganti setiap 20.000 km.Untuk transmisi otomatis sendiri di ganti setiap 40.000 km,jadi untuk penggantianya lebih lama dari penggantian pada umumnya.

Jika pemakaian kendaraan yang bertransmisi otomatis pada medan berat dan sering untuk power juga pada daerah pegunungan dengan jalan yang tanjakan extream maka perlu dilakukan pemeriksaan kondisi dari oli maticnya.Dikarenakan kerja dari matic sangat berat maka kemungkinan perubahan warna dari oli matic akan semakin cepat yaitu dari warna merah akan berubah menjadi kecoklatan karena hasil gesekan dari clucth disc.

Selalu periksa oli transmisi otomatis kendaraan anda agar kondisi kendaraan selalu full power setiap saat.

Komentar