SALAH SATU PENYEBAB GIGI TRANSMISI MASUK ALOT PADA MOBIL


POWER CLUTCH - Merupakan komponen pada kendaraan di system kopling yang sangat penting sekali.Terletak menempel di samping transmisi yang berfungsi untuk mendorong shif fork untuk mengerak clutch cover sehingga clutch disc dapat bebas.

Trouble kali ini yang sering terjadi pada kendaraan adalah transmisi masuk alot di semua gigi kecepatan.Dari masuk ke gigi 1 sampai R atau mundur sangat susah dan alot,jika dipaksakan maka akan bunyi grak sehingga dapat merusak transmisi jika diteruskan.

Langkah pertama jika mengalami transmisi alot pada kendaraan adalah memeriksa jumlah minyak kopling di bagian cup mesin,berkurang atau masih dalam posisi levelnya.Jika berkurang dapat di simpulkan bahwa system koling mengalami gangguan yaitu system kopling mengalami keboboran atau rembes.

Untuk memeriksanya pada bagian power clucth dibagian bawah dekat dengan transmisi.Maka akan terlihat seperti gambar ada rembesan minyak kopling.Apabila hanya rembas maka kemungkinan minyak berada di dalam karet penutup debu.Untuk itu buka karet penutup debu dan lihat apakah minyak kopling langsung keluar dari rumahnya.

Maka untuk mengatasinya dalah membongkar power clutch dan memeriksa piston dalam apakah karet dalam posisi aus dan berubah bentuk.Jika piston power clutch rusak maka langsung saja diganti agar hasilnya untuk system kopling dapat normal kembali.

Apabila rumahnya juga aus yaitu dengan cara dibersihkan bagian dalam menggunakan amplas halus maka akan terlihat power clutch dalam posisi masih bagus atau sudah aus.Jika masih bagus maka hanya mengganti piston power clutchnya saja.Berbeda dengan rumah power clutch aus sebaiknya diganti secara assy agar hasil kerja lebih bagus dan maksimal.

Berikut artikel tentang trouble shooting transmisi masuk gigi alot pada mobil.Salah satu penyebabnya adalah yang sesuai saya bahas diatas.Untuk beberapa kendaraan pada power clutchnya berbeda,namun fungsinya sama.

Komentar