STEERING KLETEK-KLETEK PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT SAAT JALAN TIDAK RATA

PENYEBAB STEERING KLETEK-KLETEK PADA PAJERO SPORT


STEERING JOINT - Merupakan komponen di kendaraan yang menghubungkan steering wheel dengan steering gear box.Berbentuk seperti cross joint agar dapat berputar seimbang dan juga ringan.

Pada kendaraan mitsubishi pajero sport sering kita temui bahwa pemilik kendaraan mengeluhkan steering bunyi kletek-kletek terjadi pada saat jalan kasar.Ini terjadi pada kendaraan yang sudah lama beroperasi dan berjalan kurang lebih 70.000 km atau lebih.Karena kerusakan ini terjadi memang karena umur dari spare part itu sendiri.

Tergantung juga dengan kondisi jalan yang sering dilalui sehingga membuat steering joint mitsubishi pajero sport bisa kocak dan menyebabkan bunyi.Dari pabrik mungkin bisa memberikan lubang untuk pelumasan seperti pada cross joint sehingga steering joint akan lebih awet.

Apabila kendaraan mengalami hal seperti ini untuk steering joint tidak bisa diperbaiki karena merupakan satu kesatuan dan untuk pengunci cross jointnya menggunakan press titik.Berbeda dengan cross joint yang dapat differential menggunakan lock yang bsa dilepas.Jadi apabila rusak bisa di ganti cross jointnya saja.

Untuk steering joint apabila kocak dan diperbaiki dengan cara dipress lagi akan lebih kencang dan tidak kocak maka akan berpengaruh terhadap berat ringannya steering waktu diputar.Jika waktu press kita terlalu kencang maka akan berakibat steering lebih berat di satu titik waktu steering di putar.

Jika press kita kurang maka berakibat steering joint kocak dan membuat bunyi kletek-kletek saat dijalan yang kasar.Maka untuk memperbaikinya belum bisa maksimal kecuali press kita memang pas.Dan harus diganti assy agar suara abnormal kletek-kletek pada steering hilang dan kembali normal kembali.

Ganti spare part yang original agar tetap awet dalam pemakaian,jika di part shop tidak tersedia dapat dipesan di dealer resmi mitsubishi di kota terdekat anda berada.Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan dan referensi jika mengalami trouble yang seperti ini.

Komentar