SUARA ANEH SEPERTI SUARA TURBO BOCOR PADA MITSUBISHI CANTER,INI PENYEBABNYA


ALTERNATOR - Merupakan komponen di engine yang berfungsi untuk mensuplai tegangan di system kelistrikan mesin.Selain itu juga berfungsi untuk mengisi tegangan ke baterai agar baterai tidak drop saat di perlukan.

Pada trouble yang saya ulas kali ini adalah tentang suara abnormal pada kendaraan mitasubishi colt diesel canter.Trouble yang terjadi adalah suara seperti turbo bocor,mendesis saat putaran mesin semakin meningkat maka suara abnormal tersebut juga semakin keras.

Setelah cabin diangkat dan dilakukan test dengan menaikan putaran mesin maka suara abnormal tersbut muncul.Dari bagian kanan dekat dengan turbo,namun setelah dicek turbo tidak mengalami suatu masalah dan dalam keadaan normal.

Engine dinyalakan lagi dan suara muncul kembali semakin keras dengan semakin rpm engine di tingkatkan.Analisa suara muncul dari alternator.Kemudian fan belt penghubung putaran alternator dari crank shaft atau pulley dilepas untuk menyakinkan bahwa trouble dari alternator.Engine di start dan suara tersebut yang seperti turbo bocor hilang dan tidak terdengan sama sekali.

Dari sini maka menyimpulkan bahwa trouble terjadi dari alternator yaitu pada bearingnya.Karena fan belt dilepas maka putaran mesin tidak diteruskan ke alternator.

Sangat mudah untuk memperbaikinya hanya dengan melepas dan membongar alternator kemudian bearing di kedua sisi diganti sekaligus maka semua trouble akan teratasi.Suara mesin akan menjadi halus lagi dan suara aneh seperti turbo bocor tadi telah hilang.

Dikendaraan mitsubishi colt diesel canter sudah banyak saya temui trouble seperti jadi jika ada kasus yang sama maka langsung bongkar alternator dan ganti bearingnya maka trouble akan terselesaikan.

Komentar