SUARA MBENGUNG SAAT KECEPATAN TINGGI PADA PAJERO SPORT,INI PENYEBABNYA

BEARING RODA - Kendaraan mitsubishi pajero sport setelah usia lebih dari 5 tahun maka sebagian untuk bearing roda sudah mulai perlu di periksakan ke bengkel,agar tidak terjadi hal yang tidak diingkan seperti suara abnormal bahkan bearing rusak dan hancur.


Pada kasus kali ini yang pernah saya temui adalah adanya atau timbul suara abnormal pada kendaraan pajero sport pada kecepatan tertentu,sehingga suara tersebut membuat tidak nyaman pemilik kendaraan saat mengendarainya.

Setelah datang ke bengkel untuk pemeriksaan kemudian dilakukan tes jalan dan pemeriksaan terhadap bearing roda depan.Karena suar timbul sangat keras dari bagian depan kendaraan.Diangkat roda depan dan kemudian roda diputar lalau timbul suara gruk namun pelan.Suara ini akan semakin keras jika roda di putar semakin kencang.

Dilakukan pembongkaran terhadap roda depan kemudian di periksa bearingnya.Pada bagian roda sebelah kiri ternyata bearing kelihatan hitam karena grease sudah hilang karena gesekan dan panas.Pada tipe ini bearing roda berbeda dengan bearing pada umunya.Dia menjadi satu kesatuan seperti terlihat pada gambar diatas.

Untuk memeriksanya dengan  cara membongkar rumah as roda sehingga akan terlihat bearingnya.Untuk mengganti harus assy tidak bisa di pisahkan.Tinggal pasang ke kendaraan dan kemudian dilakukan test drive.Bunyi abnormal mendengung hilang tidak muncul meskipun dibuat pada kecepatan tinggi.

Pada umunya semua bearing roda perlu dilakukan pemeriksaan meskipun tidak mengalami suatu gejala kerusakan.Karena bearing roda berputar dengan menahan beban kendaraan maka perlu di berikan grease ulang sehingga kerja bearing semakin ringan dan menghindari kerusakan waktu dijalan.

Komentar