YANG TERJADI PADA ENGINE JIKA MENGALAMI OVERHEAT ATAU KEHABISAN AIR


OVERHEAT - Merupakan kendaraan yng kehabisan air di enginenya sehingga temperatur mesin akan di posisi H atau Hot.Jika ini terjadi maka perlu dilakukan untuk memeriksa apakah dari engine mengalami permasalahan.

Jika mengalami seperti ini maka sebaiknya diberhentikan terlebih dahulu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.Diamkan kendaraan sampai benar-benar dingin kemudian periksa dari mana kebocoran terjadi.Kemudian buka tutup radiator dan apabila kurang segera isi kembali sampai posisi penuh.

Engine jika mengalami overheat yang sudah termasuk dalam kategori sudah parah maka bisa menyebabkan cylinder head melengkung.Apa yang menandakan jika cylinder head melengkung?Dari pengalaman yang sudah pernah saya jumpai dengan terjadinya over heat pada engine maka dengan membuka tutup radiator kemudian isi dengan air sampai posisi penuh.Star engine dan jika air tersebut menyembur ke atas maka terjadi cylinder melengkung.

Air yang menyembur tadi adalah dikarenakan adanya kebocoran kompresi yang masuk ke dalan system pendingin engine.Bocor tadi dikarenakan cylinder head melengkung,karena terbuat dari aluminium alloy maka saat temperatur panas tidak mampu menahan panas sehingga akan melengkung.

Untuk mengatasi air yang menyembur dari radiator tadi diperlukan membongkat cylinder head dan diperlukan untuk menyelep kerataan cylinder head ke tukang bubut atau las.Dengan di selep agar permukaan rata sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi ke dalam air radiator atau system pendinginan.

Sebaiknya jika membongkar cylinder head diperlukan juga mengganti perpak atau gasaket cylinder head,agar tidak terjadi kebocoran oli,air dan kompresi pastinya.

Komentar