AKIBAT PENYETELAN INJECTION PUMP YANG ASAL-ASALAN



DUNIA OTOMOTIF - Pada kendaraan diesel yang menggunakan injection pump atau boshpump pasti untuk kendaraan dengan keluar dari pabrik tidak ada tenaganya.Sehingga banyak driver atau pemilik kendaraan servicekan di bengkel umum atau dealer resmi.

Keluhan dari kurang tenaga dan boros penyebab salah satu mengapa di perlukan penyetelan injection pump oleh tenaga ahli dan profesional.Bukan sembarang bengkel yang hanya mengerti cara penyetelan namun tidak tahu akan bahaya setelah dilakukan penyetelan tersebut.

Penyetelan yang asal-asalan dengan membuka segel dari pabrik menyetel sana sini tanpa adanya ukuran maka bisa menyebabkan kerusakan pada injection pump itu sendiri.Pernah dan sering saya temui kendaraan mengalami kebocoran oli mesin dari injection pumpnya.

Hal ini dikarenakan pada bosy injection pump retak dan menyebabkan oli menjadi bocor seperti terlihat pada gambar di atas.Mengapa demikian kendaraan bisa rusak dan injection pump retak karena penyetalan pada injection pump yang tidak sesuai dengan prosedurnya.Banyak dari driver agar tenaga mesin menjadi lebih kuat,tanjakan juga kuat dan sebagainya.

Sehingga pihak bengkel yang tidak tahu akan bagaimana efek dari penyetelan yang tidak sesuai dengan prosedure maka bisa mnyebabkan hal tersebut.Penyetelan apa saja yang bisa mneyebabkan kerusakan tersebut kita simak berikut ini.

1.Injection timing terlalu maju yang berlebihan sehingga suara mesin akan kasar.
2.Tutup governor dibuka dan dilakukan penyetelan secara maksimal sehingga bisa jadi penyebab engine overrunning.
3.Fuel Load dan over boost di stel pada posisi maksimal tidak dianjurkan

Dari penyetalan yang asal-asalan  menyebabkan engine overrunning berakibat komponen auto timer didalam injection pump akan lepas sehingga akan mengahantam dan terjadi benturan dengan rumah injection pump dan retak akhirnya oli rembes.




Komentar