CATALYTIC PECAH PENYEBAB SUARA TURBO HILANG PADA MITSUBISHI COLT DIESEL CANTER


CANTER - Pada kendaraan ini dilengkapi dengan catalytic fleksible sebagai penghubung aliran gas buang dari exhaust manifold ke muffler pada kanlpotnya.

Didalam catalytic ini terdapat sebuah besi seperti berulir dengan di tutup oleh komponen kawat yang dibuat dan ditata sedemikian serupa sehingga terlihat lebih bagus.Fleksible ini dapat bergerak naik turun menyesuaikan dari kondisi jalan dan suspens kendaraan.

Karena sering goyang maka catalytic bisa cepat rusak terutama pada sambungan kawat penutupnya.Karena getaran maka besi didalam juga akan retak dan lama-kelamaan akan patah sehingga jalur gas buang tidak dapat mengalir ke belakang ke muffler dan terdengar suara kanlpot yang abnormal karena bocor.

Kanlpot bocor ini bisa menjadi suara mesin terasa berbeda dan tenaga mesin juga akan berkurang karena aliran udara gas buang tidak langsung di alirkan ke muffler.Jika sudah rusak maka tidak bisa diperbaki kembali dan harus diganti.Untuk spare part genuine dari dealer harga lebih mahal dibandingkan dengan spare part non genuine yang ada di partshop.

Biasanya saat saya mengganti hanya catalyticnya saja dengan masih menggunakan sambungan part aslinya.Dengan cara dipotong kemudian di belikan catalyticnya dan saat pemasangan dan penyambungan dilakukan dengan las.

Catalytic ini juga akan berpengaruh terhadap suara turbo dari engine.Untuk catalytic yang sudah diganti menggunakan part non original maka suara turbonya akan menjadi hilang.Hal ini sering terjadi karena kontruksi desain dari catalytic genuine dengan non genuine sangat berbeda jauh.

Banyak keluhan ketika catalytic rusak dan diganti dengan yang baru non genuine maka suara turbo hilang.Hal yang wajar karena desin didalamnya berbeda antara lekukan catalytic yang original lebih dalam sehingga aliran gas buang menyebabkan suara seperti seruling.

Komentar