INJECTION PUMP ATAU BOSHPOMP BERMASALAH PADA MITSUBISHI L 300 PENYEBAB MOBIL MOGOK


INJECTION PUMP - Kendaraan mitsubishi L300 menggunakan mesin diesel yang konvensional yaitu menggunakan injection pump atau boshpomp.Permasalahan yang ditemui adalah saat kendaraan berjalan tiba-tiba kendaraan mati dengan sendirinya.

Kendaraan yang mogok di tarik kebengkel untuk dilakukan pemeriksaan apakah penyebab trouble tersebut.Semua dilakukan pemeriksaan dari system bahan bakarnya.Ganti filter solar dan jalur bahan bakar juga dibersihkan.Semua masih dalam keadaan baik.

System electrical dari busi pemanas atau glowplug juga dilakukan pemeriksaan,filter udara dan intake manifold.Jalur exhaut brake juga dilakukan pemeriksaan dan tidak ada masalah kemungkinan buntu seperti kasus yang pernah saya alami yaitu catalytic tersumbat dan sudah saya terbitkan artikelnya.

Timing belt juga dilakukan pemeriksaan apakh dlam keadaan putus karena bisa jadi penyebab mesin tidak menyala.Tanda timing juga dicocokan dan sesuai dengan tanda marknya di masing-masing sproket timing belt.

Dilakukan pemeriksaan injection pump menggunakan dial gauge yaitu memeriksa timing injeksi.Dari pemeriksaan ini ada yang janggal yaitu dial indikator tidak dapat menunjukan timing injeski.Kemudian pipa injection kami lepas dan ujung dari injection pump kita periksa apakah keluar solar atau tidak.

Dengan cara di start seharusnya dari bosh pomp keluar bahan bakar dari ujung pipa injection.Untuk kendaraan ini solar atau bahan bakar sama sekali tidak keluar dari injection pump saat kendaraan di start.Analisa dari semua pemeriksaan ini adalah injection pump mengalami kerusakan.

Setelah injection pump dibongkar ternyata memang benar semua komponen di dalam injection pump rontok patah dan tidak bisa dipakai kembali.Dengan ganti assy maka injection pump di pasang dan kendaraan sudah dalam keadaan normal kembali.

Untuk menghemat bisa dengan memperbaiki injection pump ke bengkel khusus injection pump.Disana di sediakan semua komponen berbagai macam injection pump dan akan dikalibrasi sesuai dengan standartnya sehingga kendaraan akan kembali normal dan akselerasi juga dapat maksimal.

Komentar