STEERING KADANG BERAT POSISI TERTENTU PADA MITSUBISHI STRADA TRITON DAN PAJERO SPORT INI PENYEBABNYA



Steering system menggunakan steering joint sebagai penghubung dari rack and gerbox dengan steering wheelnya.Banyak yang tidak mengetahui ketika steering di putar pada satu posisi akan ada saat dimana steering terasa berat.

Memang di steering joint tidak ada tempat untuk grease up atau pelumasan seperti pada cross joint dikendaraan.Maka untuk itu dilakukan perawatan pelumasan steering joint secara berkala agar suatu saat tidak terjadi hal demikian.

Jika mengalami trouble pada kendaraan mitsubishi pajero sport atau strada triton maka dengan melepas steering jointnya dan kita periksa ada dua buah joint bagian atas dan bawah.Dimana ada bagian tersebut yang mengalami gerakan tidak bisa lancar atau macet dan agak berat.

Dengan cara bagaimana kita memperbaikinya ataukah harus mengganti part tersebut.Jangan kuatir yang pernah saya alami cara penanganan jika trouble seperti ini adalah dengan membuat geraka pada steering joint di dalam rendaman solar.Dalam rendaman tersebut steering harus digerak-gerakan secara cepat sehingga steering joint yang macet akan dapat termasuki solar dan membuat joint didalamnya yang kering akan segera terisi minyak dan membuat steering menjadi lancar kembali.

Lakukan secara terus menerus sampai didapatkan steering joint menjadi lebih ringan dari sebelumnya.Dan harus ada perbedaan setelah dilakukan perbaikan.Memang agak lama dan perlu kesabaran dalam menangani trouble ini dikarenakan kalau gerakanya macet terlalu lama maka saat rendaman juga bisa lama.Misalkan kendaraan menginap saya sarankan agar steering joint di rendam semalaman agar benar-benar masuk dan saat pagi steering joint akan kembali normal kembali.

Berikut artikel tentang cara bagaimana perbaikan kendaraan yang steeringnya berat pada posisi tertentu dikarenakan steering joint macet,semoga bermanfaat dan jangan lupa share jika memang dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Komentar