TOYOTA AVANZA KEHILANGAN TENAGA SAAT AKSELERASI,APA PENYEBABNYA?


Pada kendaraan toyota avanza dengan mesin 1500 cc menggunakan 4 silinder sering kita jumpai bahwa kendaraan tidak ada tenaga sama sekali,terlebih jika saat ac menyala,maka dipastikan bahwa akselerasi akan hilang.

Dari trouble ini pernah kejadian di bengkel kami yaitu customer mengeluhakan kendaraan tidak ada tenaga dan saat ac tenaga jadi hilang.Setelah di test drive ternyata memang benar tenaga hilang dan terasa berat saat dikendarai.

Dilakukan pemeriksaan terhadap clucth disc atau kampas koplingnya.lalu dilakukan pembongkaran kopling di dapatkan kopling dalam kondisi tipis sehingga dilakukan penggantian.Setelah diganti dipasangkan semua komponen kopling lalu di lakukan test drive.Hasilnya kendaraan masih dalam keadaan tidak normal yaitu tenaga masih kurang.

Pemeriksaan engine dilakukan dari busi dan coil.Dari sini terlihat untuk coil silinder no 1 dan 4 mengalami kerusakan yaitu mati.Dalam hal ini kendaraan terdapat dua buah coil yaitu 1 coil untuk silinder no 1 dan 4 dan coil lainnya untuk silinder no 2 dan 3.

Pada coil silinder 1 dan 4 mengalami kerusakan sehingga tidak ada pengapian di silinder no 1 dan 4 akibatnya tenaga mesin akan berkurang.Untuk engine sendiri saat coil mati tidak mengalami hal yang aneh seperti engine pincang dan lainnya.

Diganti untuk coil silinder 1 dan 4 dan hasilnya kendaraan saat di akselerasi dalam keadaan kendaraan diam terasa ada perbedaan.Selanjutnya kendaraan di buat test jalan memang hasilnya beda,tarikan dan akselerasi terasa beda jauh dengan sebelumnya.

Dari trouble ini dapat disimpulkan bahwa penyebab tenaga engine kurang dan akselerasi juga kurang disebabkan oleh salah satu coil ada yang mati atau rusak sehingga pengapian pada busi tidak terjadi.

Komentar