TROUBLE SHOOTING SYSTEM ABS MITSUBISHI GALANT ST 2500 CC


Kendaraan mitsubishi galant tahun 2001 tipe galant ST menggunakan system rem ABS,yaitu anti lock brake system.Dimana system rem secara hidrolik dikontrol menggunakan electric dengan bantuan berbagai sensor yang semuanya akan menuju ke pusat control yaitu ABS ECU.

Trouble kali ini adalah system rem noise di ABS saat berkendaraa tanpa dilakukan pengereman,ketika muncul noise tersenut dan dilakukan pengereman terjadi perlawanan gaya pada pedal remnya.

Kronologi awal adalah saat service dilakukan pembongkaran rem depan pada pistonya dengan penggantian part disc pad.Setelah beberapa minggu mucul trouble tersebut sehingga pengereman menjadi tidak sempurna.

Setelah itu dianalisa bahwa disc brake bergelombang sehingga perlu dilakukan selep disc brake.Pemeriksaan dengan menggunakan scan injeksi pada menu brake dan muncul trouble kemudian di erasa atau hapus kode kerusakan.Bleeding minyak rem sudah dilakukan kembali agar minyak rem mengalir sempurna tidak ada yang masuk angin di system remnya.

Setelah semua selesai dilakukan kami coba test drive dan hasilnya pengereman bagus tanpa ada muncul noise dan perlawanan dari dari pedal rem seperti sedia kala,kami menganggap trouble selesai namun tiba-tiba muncul indikator system ABS menyala di dashboard.Dilakukan pemeriksaan scan muncul trouble di diagnosa FR Sensor Short.Kemudian trouble data kita hapus dan kode masih muncul yang artinya ada kerusakan di sensor roda bagian depan kanan.

Sensor kami periksa dan memang dalam keadaan rusak sehingga kami lakukan penggantian sensor ABS yang ada di roda.Setelah dipasang dan trouble code di hapus dapat hilang dan system di kendaraan menjadi normal kembali.

Semoga bermanfaat bagi para montir yang sedang mengalami suatu trouble shooting di bengkel.Bisa menjadi referensi dan jangan lupa share atau bagikan jika memang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Komentar