Ac Mitsubishi Mirage Panas Ini Salah Satu Penyebabnya


MIRAGE - Mitsubishi mirage merupakan kendaraan kecil dengan 4 penumpang yang menggunakan mesin injeksi dengan kapasitas 1200 cc.

Berbicara trouble shooting maka kali ini saya akan membahas tentang trouble air conditioner atau system pendingin ruangan di kendaraan mirage.Kendaraan jika tidak dilengkapi dengan AC maka tidaklah nyaman.Maka jika system pendingin mengalami kerusakan maka dipastika tidak nyaman dipakai terutama pada siang hari dengan cuaca yang sangat panas.

Saat trouble terjadi yaitu ac tidak dingin dengan diperiksa terlebih dahulu dari kompresor acnya.Apakah bekerja saat switch ac dinyalakan,ternyata kompresor mati meskipun switch on.Fuse coba kami periksa masih dalam keadaan baik dan tidak putus.Juga relay dari system AC diperiksa dan dalam keadaan baik.

System AC pada kendaraan mirage menggunakan system electronic yang untuk mengaktifkan relay menggunakan control ground ke engine control unit ( ECU ).Dalam hal ini relay tidak dapat ON karena ground ecu tidak dapat di aktifkan.Kemungkinan ECU mengalami kerusakan pada transistornya.

Setelah semua di cek dipastikan dari ECU maka sebelumnya kami lakukan pemeriksaan ke tukang service khusus AC.Semua diperiksa tekanan freon ternyata nol,tidak ada tekanan sama sekali saat mesin menyala.Di periksa satu persatu ternyata pada selang AC bagian depan mengalami luka karena gesekan.Sehingga freon bocor dari selang tersebut penyebab AC tidak bekerja dengan baik.

Perbaikannya dengan cara selang diganti yang baru kemudian di isi freon kembali sesuai standartnya.Mesin dinyalakan dan system AC dapat bekerja dengan normal.Saat Jalan udara kabin terasa dingin dan membuat pengemudi menjadi nyaman.

Dari analisa trouble ini adalah engine ECU melakukan Fail Save dengan system AC di Off kan yaitu dengan cara relay Off dan kompresor juga Off.Sebenarnya system kelistrikan AC tidak mengalami kerusakan sehingga analisayang tepat perlu dilakukan jika mengalami kerusakan di system kelistrikan kendaraan agar tidak salah dalam memperbaiki kendaraan customer.

Komentar