BACKLASH BESAR PADA DIFFERENTIAL PENYEBAB BUNYI ABNORMAL SAAT JALAN PADA CANTER


DIFFERENTIAL - Kendaraan colt diesel canter menggunakan penggerak belakang yang dimana untuk membagi putaran roda kiri dan kanan menggunakan differential.

Apabila terjadi bunyi abnormal atau mbengung saat jalan terutama pada kecepatan tertentu pada kendaraan canter maka kemungkinan penyebabnya adalah differential mengalami kerusakan terutama pada penyetelan backlashnya.

Backlash merupakan gerak bebas pada ring gear dengan pinion yang berlebihan.Apabila ini terjadi maka bisa menjadi penyebab bunyi berdengung saat jalan.Banyak kendaraan mengalami hal yang sama yaitu trouble suara mendengung saat jalan.Suara bertambah kencang apabila kendaraan dalam muatan.

Untuk memperbaikinya yaitu diperiksa semua bearing differential apakah dalam keadaan baik atau tidak.Kemudian adalah penyetelan backlash sesuai dengan standartnya.Gunakan dial gauge untuk penyetelan backlash sampai didapatkan nilai yang sesaui standart.Apabila backlash terlalu kencang juga tidak baik karena bisa menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Setelah semua penyetelan dilakukan dengan baik maka langkah terakhir adalah dengan mengganti oli differential.Menggunakan oli khusus gear yaitu SAE 140 GL5.

Komentar