Engine Mbrebet Pada Mitsubishi Colt T 120 SS Saat Temperatur Mesin Panas


Kendaraan injeksi pasti dilengkapi dengan power transistor.Baik itu secara terpisah dari coil ada juga yang menjadi satu kesatuan dengan coilnya.Sehingga akan lebih efisien dalam hal komponen.

Pada komponen kali ini yang kita bahas adalah tentang power transistor pada kendaraan colt t 120 ss.Pada trouble yang terjadi pada kendaraan ini adalah saat posisi temperatur panas terjadi engine mbrebet atau stasioner tidak stabil dikarenakan pada pengapian busi no 2 dan 3 tidak memercikan bunga api.

Setelah dilakukan pemeriksaan pada saat engine dingin,semua dalam keadaan normal.Berbeda saat temperatur panas tiba-tiba busi no 2 dan 3 tidak keluar bunga api.Analisa pertama adalah kabel busi kemudian ke coil.Dalam hal ini setelah diperiksa semua dalam kondisi normal.Untuk menyakinkan kita ganti coil dengan yang baru,akan tetapi saat engine panas trouble muncul.

Analisa kedua adalah ke power transistor karena untuk system pengapian mengacu pada power transistor yang membagi untuk coil 1 dan 2.Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut didapatkan saat temperatur mesin panas power transistor untuk coil silinder 2 dan 3 tidak mengeluarkan bunga api.

Apakah memang trouble dari power transistor maka dipasangkanlah dikendaraan normal.Trouble terjadi pada kendaraan yang normal yaitu pindah ke kendaraan lain yang dipasang power transistor rusak tadi.

Memang power transistor harganya mahal karena semua sensor dan actuator kendaran injeksi harganya lebih mahal dari spare part kendaraan konvensional.Jika tidak diganti juga kendaraan akan mengalami kurang tenaga dan mbrebet.

Power transistor diganti baru dan dipasangkan pada kendaraan yang trouble tadi hasilnya kendaraan menjadi normal kembali.Kendaraan system injeksi sebaiknya jika akan mencuci kendaraan atau mesinnya jangan sampai dicuci dengan air.Cukup dengan dilap atau di tiup dengan angine bertekanan tinggi,karena sensor jika terkena air bisa menyebabkan kerusakan komponen kendaraan.

Komentar