Exhaust Manifold Bocor Penyebab Suara Mesin Abnormal Saat Akselerasi


Kendaraan colt diesel canter sering mengeluhkan pada enginenya keluar asap hitam saat di akselerasi dibagian turbo.Jadi saat cabin dibuka maka ada kotoran hitam menempel di block mesin dan sukar untuk di bersihkan.

Kotoran tersebut berasal dari asap gas buang yang bocor dari exhaust manifold.Karena exhaust manifold ditutup menggunakan penutup anti panas maka gas asap hitam menyebar tidak beraturan.Sehingga untuk memastikan kebocoran dari mana maka penutup anti panas wajib di buka kemudian kendaraan dinyalakan dan di akselerasi sehingga akan tahu dari mana gas buang terjadi kebocoran.

Saat di lepas maka kebocoran terjadi pada sambungan exhaust manifoldnya seperti terlihat pada gambar di atas.Untuk memperbaikinya cukup dengan di las agar menjadi satu kesatuan dan tidak terjadi kebocoran kembali.

Untuk mengelasnya tidak di bawah karena saat memasang exhaust manifold harus benar dalam kondisi lurus dan presisi.Jika saat mengelas dalam posisi miring maka saat dipasang di cylinder head akan terjadi kebocoran gas buang di tempat berbeda.

Salah satu caranya sebelum dilepas sebaiknya di las dibagian sambungan atas sehingga saat dilepas tidak berubah posisinya.Setelah exhaust manifold di lepas kemudian di las melingkar sampai semua celah tertutup.Jika tidak tertutup rapat maka gas buang bisa bocor lagi.Karena beberapa kendaraan yang dilas kurang sempurna masih terjadi kebocoran gas buang.Akibatnya kerja dua kali dan harus melepas semua komponen yang berhubungan dengan turbo.

Celah tersebut misalkan tidak dilas maka kurang kuang.Sebelumnya kami lakukan pemberian plastic steel akan tetapi setelah kendaraan di test drive,lem tersebut hilang.Jangan lupa setelah memperbaiki sambungan exhasut manifold perlu dilakukan pengeleman terhadap gasket yang menempel di cylinder head.Karena sudah dibuka maka sebaiknya agar hasil maksimal dan tidak mengulang pekerjaan sekalian saat pemasangan di beri lem gasket khusus exhaust manifold yang banyak di jual di toko spare part.

Komentar