INI SALAH SATU PENYEBAB ENGINE MITSUBISHI COLT T 120 SS STASIONER TIDAK STABIL


KABEL BUSI - Kendaraan pada mitsubishi colt t 120 ss menggunakan dua buah coil yang masing-masing coil menggunakan kabel busi untuk menyalurkan tegangan tingi yang dihasilkan oleh coil.

Terdiri dari empat buah kabel busi yang masing-masing menuju ke busi ditiap silinder engine.Trouble yang pernah ditemukan pada kendaraan colt t 120 ss system injeksi yaitu pada mesinya mengalami stasioner tidak stabil.Apabila diakselerasi maka akan terasa mbrebet dan suara mesin tidak bisa halus.

Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan engine tune up,semua diperiksa dan ditemukan pada kabel businya mengalami masalah.Yaitu saat kabel busi dilepas dan diperiksa hambatnya maka ada salah satu kabel busi yang putus.

Memang untuk kabel busi kendaraan colt t 120 ss injeksi menggunakan kabel khusus yang diameter kabelnya kecil dibandingkan dengan kabel busi kendaraan injeksi lainnya.Dan apabila sudah rusak dalam hal ini putus bisa saja di perbaiki.Kebanyakan kabel busi ini putus di ujung terminal yang berhubungan dengan tembaga yang menempel di busi.Dengan cara memotong kabel busi dan ujung dari kabel busi tersebut kita tancapkan kawat kecil dan ditekuk sehingga menempel di tembaga tersebut.

Apabila kabel busi kita kupas dan ujung kabel ini kita tekuk maka akan patah,dikarenakan bahan kabel busi kendaraan colt t 120 ss terbuat dari bahan seperti arang hitam dan akan mudah patah.Untuk itu agar tidak patah dan kabel busi bisa menjadi semakin pendek karena sering dikupas dengan cara tersebut maka kabel busi bisa digunakan kembali.

Jangan lupa setelah kabel busi diperbaiki di test lagi menggunakan ohm meter apakah ada hubungan pada kabel tersebut.Jika setelah diperbaiki masih tidak bisa maka kemungkinan kabel busi putus di tengah,sehingga harus ganti kabel busi.

Kabel busi yang diperbaiki tadi setelah ditest sudah dalam keadaan baik,maka dipasangkan di mobil dan coba kendaraan dinyalakan.Hasilnya stasioner stabil dan saat di akselerasi kendaraan juga halus suara mesinnya.

Demikian trouble shooting dari kendaraan yang pernah saya tangani semoga bisa menjadi acuan dan pedoman siapa tahu anda sebagai mekanik pernah mengalami namun tidak memperbaiki kabel businya,akan tetapi langsung diganti.Apabila diperbaiki maka customer akan lebih hemat dalam hal biaya,puas akan pelayanan dan hasil service kita.

Komentar