Penyebab Steering Berat Pada Mitsubishi Mirage


Mitsubishi mirage dilengkapi dengan system steering yang dikontrol secara electronik.Tidak lagi menggunakan system hydrolik maupun secara manual sehingga selalu berhati-hati saat pemasangan aksesories kelistrikan dikendaraan.

Trouble yang pernah saya temui pada mitsubishi mirage adalah customer mengeluhkan steeringnya terasa berat dan tidak pada seperti biasanya.Meskipun kendaraan kecil jika electric power steering tidak bekerja dan ada trouble maka steering menjadi berat.

Saat trouble terjadi steering berat maka akan muncul indikator steering yang tengahnya ada tanda seru.Jika indikator ini muncul maka ada permasalahan di system steeringnya.Untuk mengetahui harus menggunakan scan diagnosa.Cari self diagnosa permasalahan dan didapatkan ada torque sensor mengalami masalah.

Diperiksa semua fuse dari bagian engine tidak ada yang putus dan juga rumah fuse di bagian kabin kendaraan.Semua dalam keadaan baik tidak ada yang putus.Cover steering kami lepas dan diperiksa dari sensor dan komponen electric power steeringnya.Dari socket diperiksa dan dalam keadaan ini ada tambahan variasi foglamp yang relay untuk tambahan fog lamp jumper dari system steeringnya.

Variasi tambahan untuk foglamp yang ambil tegangan dari system electric power steering kami lepas dan membuat jalur wiring harnes khusus fog lamp.Setelah semua terpasang dengan baik maka kami coba steering diputar secara manualke kanan dan kekiri beberapa putaran saat engine on.Terdengar suara " Glak " kemudian steering menjadi normal kembali yaitu steering ringan.

Coba cek self diagnosa dan hapus code trouble pada electrical system dan bisa terhapus.Kendaraan di test drive dan dicoba pada jalan yang tidak rata untuk mengetes system steeringnya.Steering masih dalam keadaan normal dan steering menjadi ringan seperti sedia kala.

Tips kali ini adalah jangan sembarang memasang variasi electrical dengan jumper system kelistrikan yang ada di kendaraan.Jika akan memasang variasi lampu sebaiknya membuat jalur wiring harness sendiri dengan fuse dan saklar sendiri agar tidak mengganggu system kelistrikan di kendaraan.

Komentar