PETUNJUK PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN BERKALA KENDARAAN BARU


Setiap kendaraan baru mempunyai buku panduan service dari cara pengoperasian fitur di kendaraan dan jadwal untuk perawatan berkala.Didalam buku service ini juga terdapat kupon untuk melakukan service gratis.

Kendaraan baru pasti mendapatkan service gratis dari yang 2 kali sampai 6 kali sesuai dengan merk dan ATPM kendaraan tersebut produksi.Sangat disayangkan jika kendaraan baru tidak melakukan service gratsi di dealer resmi.Dikarenakan kendaraan baru keluar dari pabrik tidak sepenuhnya dalam kondisi normal,masiha ada komponen yang diperiksa dari baut,setelah mesin dan komponen yang lainnya.

Setelah penyerahan kendaraan dari dealer ke konsumen dilakukan dengan baik maka sebaiknya jika sudah mencapai batasan kilometer lakukan service gratis dengan membawa buku service ini.Apabila service gratis sudah dilakukan maka perawatan berkala wajib dilakukan agar kendaraan anda selalu dalam kondisi prima,sehingga aman dan nyaman dikendarai.

Perawatan berkala merupakan salah satu syarat untuk mengajukan klaim garansi.Apabila tidak pernah melakukan perawatan berkala di dealer resmi maka waranty dianggap gugur.Dealer berhak menolak pengajuan klaim garansi jika diketahui kendaraan tidak melakukan perawatan berkala.

Apabila kendaraan di gunakan pada meda operasi yang berat maka pemeriksaan harus dilakukan lebih sering dari jadwal standar.Kondisi berat antara lain seperti berikut ini.Berkendara di daerah berdebu atau di area dimana kendaraan sering terkena udara laut atau air garam.Berkendara dijalanan kasar,perbukitan,di daerah dingin dll.

Saat mesin idling dalam waktu lama atau jalan yang macet terutama di cuaca dingin.Saat melakukan rem mendadak atau digunakan untuk menarik trailer.Kendaraan yang digunakan untuk persewaan atau taksi maka perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin.

Semua kendaraan yang digunakan melebihi batas kemampuannya misalkan beriperasi 24 jam penuh sehingga perawatan juga harus lebih extra agar kendaraan siap selalu dalam kondisi prima.

Komentar