SUARA BERDENGUNG SAAT KECEPATAN TINGGI PADA PAJERO SPORT


PAJERO SPORT - Ketika kendaraan berjalan sering kita mendengar suara abnormal di kendaraan.Suara yang berasal dari mesin,roda,suspensi dan suara dari luar kendaraan yang tidak pada umumnya.Suara tersebut bisa jadi ada suatu gejala kerusakan yang timbul dan jika dibiarkan akan mempengaruhi kinerja kendaraan.

Suara yang muncul pada trouble yang terjadi pada kendaraan pajero sport adalah suara mendengung saat kendaraan berjalan dengan kecepatan diatas 70 km/jam.Jika kecepatan dibawah itu maka suara akan hilang dan tidak muncul.

Setelah dilakukan test drive pada kendaraan didapatkan suara muncul dari lokasi depan kendaraan.Mendengung lebih kencang jika kendaraan berjalan semakin cepat.Apabila pedal gas dilepas dengan kecepatan masih diatas 70 km/jam suara masih muncul.

Dari analisa ini didapatkan bahwa kemungkinan suara mendengung bukan berasal dari engine.Kemungkinan dari masalah sekitar roda dan bearing rodanya.Untuk itu dilakukan pembongkaran roda depan dan di periksa bearing rodanya.Setelah dibongkar bearingnya diperiksa tidak ada yang mengalami kerusakan,baik itu berubah bentuk atau aus di bagian bearingnya.

Dipasang kembali semua bearing dan di torque mur bearing sesuai dengan momen standartnya.Kekencangan mur sangat diperlukan sesuai dengan standartnya karena jika terlalu kencang maka muncul suara abnormal pada bearingnya,dan bisa jadi bearing akan cepat rusak.Begitu juga dengan kekencangan mur bearing yang kendor akan mempengaruhi bearing dan stering akan tidak stabil.Maka untuk pemasangan bearing diperlukan pengencangan yang pas sesuai standartnya agar bearing menjadi awet.

Setelah semua dipasang kemudian di test jalan kembali.Saat kecepatan tinggi suara abnormal muncul seperti sesuai sedia kala.Suara mendengung saat kecepatan tinggi masih berada di bagian depan.Diperiksa secara teliti terlihat pada ban roda depan mengalami keausan yang tidak merata karena spooring yang tidak tepat.Analisa kedua adalah dari ban penyebab suara tersebut.

Ban belakang yang dalam keadaan rata tidak makan sebelah mencoba kami pasang di bagian depan dan ban depan dipindah rotasi ke roda belakang.Dilakukan test jalan dan suara abnormal yaitu mendengung pindah ke bagian roda belakang.Trouble suara pindah kebelakang yang artinya penyebab trouble ada di ban dikarenakan ban aus tidak rata.

Kami sarankan untuk mengganti ban atau dengan rotasi ban.Meskipun ban yang tidak rata dipindah kebagian belakang maka setelah lama berjalan maka ban belakang akan menjadi rata dengan sendirinya.Untuk ban depan agar keausan ban rata sebaiknya dilakukan spooring balancing.

Komentar