SUARA NGECES SEPERTI ANGIN BOCOR DIBAWAH STEERING PADA MITSUBISHI COLT T120 SS,INI PENYEBABNYA


BRAKE BOOSTER - Fungsi dari komponen ini pada system rem adalah untuk memperingan gaya pengereman di pedal rem dengan bantuan udara vacum.Kevacuman pada kendaraan diesel dihasilkan oleh pompa vacum dan untuk kendaraan gasoline memanfaatkan kevacuman dari engine.

Pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss pernah saya temui trouble suara abnormal pada bagian kabin dan setelah diperiksa ada dibagian bawah steering.Tepatnya suara ngeces seperti suara angin yang bocor.Tepatnya suara tersebut berasal dari sela antara master rem dan brake boosternya.

Apabila pedal rem ditekan maka suara ngeces hilang dan apabila pedal rem di lepas suara timbul lagi.Pada sela master rem dan brake booster dilengkapi dengan seal sebagai penghalang udara vacum bocor.Sehingga analisa dari penyebab suara ngeces adalah seal mengalami kerusakan.

Dibongkar master rem dan dilihat pada seal yang menempel di brake booster,ternyata seal megalami sobek sehingga udara vacum bocor.Karena seal tersebut jadi udara vacum keluar melalui sela brake booster.Diganti seal booster dengan yang baru dan kalau bisa pakai yang genuine karena harga sangat terjangkau.Apabila diganti yang merk abal-abal maka dikhawatirkan akan sobek kembali dan fungsi rem tidak sempurna.

Setelah diganti seal dengan yang baru hasilnya suara ngeces tadi hilang,trouble sudah teratasi.Jika anda menemukan khasus yang sama maka sebaiknya segera lakukan perbaikan karena jika dibiarkan maka fungsi rem tidak sempurna.Rem akan menjadi keras dan jika rem di injak maka rem tidak akan berhenti dengan cepat.Jika ini terjadi maka sangat fatal akibatnya.

Komentar