Tips Memeriksa Battery Kendaraan Agar Tidak Mogok Dijalan


BATTERY - Merupakan suber tenaga utama pada kendaraan yang wajib selalu dalam keadaan sehat.Dikarenakan untuk menghidupkan engine pertama kali menggunakan tegangan dari battery untuk memutarkan motor starter.

Umur dari battery pada umumnya 1 tahun bisa juga lebih dari 2 tahun,tergantung dari perawatan sehari-hari.Dikarenakan battery merupakan barang electronic maka untuk keawetanya juga tidak bisa diprediksi lama tidaknya.Ada juga yang battery belum ada berumur 1 tahun sudah soak tidak dapt menyimpan tegangan.

Bayangkan jika saat kendaraan kita pakai dan dijalan mengalami kerusakan pada batterynya pasti akan merasa jengkel.hal yang wajar saja karena kerusakan kendaraan tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.Untuk meminimalisir kerusakan dijalan maka sebaiknya lakukan pemerisan ke bengkel terdekat secara rutin.

Untuk battery jika anda mengingatnya kapan terakhir beli maka sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap battery tersebut.Pada system pengisian battery di engine menggunakan dinamo amper atau istilah tekniknya adalah Alternator.Alternator memberikan arus tegangan ke battery agar tidak terjadi drop voltage saat kendaraan digunakan untuk system kelistrikan yang lainya misalkan lampu,ac,audio dan lain-lain.

Jika kendaraan setelah dipakai dan berhenti lama atau menginap semalam tidak digunakan,dan saat pagi kendaraan tidak bisa starter maka dipastikan battery minta ganti yang baru.Mengapa demikian karena battery sudah tidak bisa menyimpan tegangan selama berjam-jam.Sehingga tegangan yang disimpan battery akan turun dengan sendirinya sehingga saat digunakan untuk menstarter engine tidak kuat untuk memutarkan motor starter.

Ganti battery dengan yang baru dan tandai battery tersebut dengan tanggal penggantian sehingga saat kita lupa bisa memeriksa battery tersebut kapan terakhir diganti.

Komentar