TROUBLE ALTERNATOR PADA MITSUBISHI FUSO FJ2523


ALTERNATOR - Merupakan penyuplai listrik utama saat kendaraan hiudp dimana aki atau battery akan selalu diberikan tegangan agar tidak drop saat semua system kelistrikan dinyalakan.

Kendaraan FJ2523 menggunakan mesin deisel 6 silinder dengan system common rail.Semua system dikendaraan menggunakan system electrical sehingga perlu dilakukan perbaikan khusus saat terjadi kerusakan.

Trouble pada kali ini yang sering terjadi pada fuso FJ2523 adalah pada alternatornya.Dimana pada bearing alternator mengalami kerusakan sehingga menyebabkan kerusakan komponen pada alternator.Bearing tidak kuat dalam menahan beban putaran sehingga ball bearing keluar dari rumahnya dan As pada rotor miring menyebabkan armature aus oleh gesekan dari rotor.

Dengan armature yang aus menyebabkan di system electrical menjadi tidak normal menyebabkan engine mogok.Jika dibiarkan mesin menyala maka fan belt akan putus dan seperti bau karet terbakar.Fan belt yang tidak dapat memutarkan alternator akan selip sehingga menyebabkan fan belt panas dan bisa terjadi putus pada fan beltnya.

Untuk memperbaikinya cukup dengan mengganti bearing yang rusak,jika pada komponen lain di alternator tidak mengalami kerusakan.Apabila pada komponen lainnya terjadi kerusakan seperti yang dijelaskan di atas maka sebaiknya ganti assy alternantor.

Dengan mengganti alternator maka trouble akan segera teratasi.Apabila sudah ada penggantian di alternator setelah pemasangan maka sebaiknya lakukan pemeriksaan charging system.Apakah alternator bekerja dengan baik mengeluarkan tegangan untuk mengisi battery saat kendaraan dinyalakan.

Komentar