BUNYI KLENTENG-KLENTENG SAAT MUNDUR PADA MITSUBISHI L300,INI PENYEBABNYA


Trouble shooting yang dibahas kali ini adalah tentang mitsubishi l300 yang mengalami bunyi abnormal.Terjadi saat kendaraan posisi mundur akan terdengar suara klenteng-klenteng seperti besi bertubrukan dengan besi.

Dari analisa ini terdapat hal penting yang harus diperiksa dari komponen yang berputar.Bisa jadi dari transmisi,bearing roda,differential dan cross joint itu sendiri.Kendaraan diangkat kemudian di periksa pada bagian komponen satu persatu.

Pada bagian propeler shaft terutama pada cross jointnya mengalami play yang banyak,hal ini dikarenakan crossjoint bearing mengalami keausan.Propeler shaft di lepas kemudian cross joint diganti sesuai dengan komponen yang rusak.

Cross joint diganti dan dipasangkan dengan yang baru kemudian dipasang kembali dikendaraan.Setelah semua terpasang kendaraan di test jalan yaitu saat kendaraan berjalan mundur.Suara klenteng-klenteng hilang dan suara seperti yang sebelumnya tidak muncul kembali.

Dari trouble ini didapatkan kesimpulan penyebab suara abnormal saat kendaraan berjalan mundur pada kendaraan mitsubishi L300 adalah dari cross joint yang sudah aus pada bearingnya.Untuk setiap kendaraan penggerak belakang menggunakan propeler shaft sehingga jika kendaraan sudar berumur maka cross joint wajib diperiksakan ke bengkel.

Komentar