CONTROL TEMPERATUR NAIK TURUN TIDAK NORMAL PADA COLT DIESEL CANTER


Kendaraan colt diesel canter sudah banyak digunakan untuk berbagai macam angkutan barang dan jika digunakan beberapa waktu maka akan terjadi berbagai kerusakan karena umur dan pemakaian.

Hal terjadi pada kendaraan colt diesel canter yang mengeluhkan kendaraannya saat dibuat perjalanan malam tiba-tiba control temperatur naik ke posisi H yaitu HOT.Menandakan bahwa kendaraan engine dalam keadaan panas.Setelah driver berhenti dan melihat engine tidak ada yang bermasalah,dari air radiator yang masih sesuai dengan jumlahnya dan tidak ada suhu panas di mesin yang berlebihan.

Kendaraan dibuat jalan lagi beberapa kilometer tidak terjadi temperatur yang naik,engine dan temperatur kembali normal.Selang beberapa hari saat perjalanan siang dan jalan posisi menanjak control temperatur kembali abnormal yaitu naik ke posisi H.

Cerita diatas adalah informasi dari driver yang mengendarai kendaraan colt diesel canter.Untuk mekanik perlu mengetahui kronologi dan kejadian saat trouble terjadi sehingga akan lebih mudah dan estimasi dari mana permasalah tersebut terjadi.

Sebelum terjadi trouble tersebut kendaraan di servicekan pada body baknya yaitu terjadi pengelasan rangka bak.Sehingga saat mengelas diperlukan pelepasan minus battery agar tidak terjadi short atau konslet di system kelistrikan engine.

Setelah semua diperiksa dari wiring harnes,switch temperatur tidak bermasalah.Juga pada odomater assy dilakukan peminjaman terhadap kendaraan lain trouble masih terjadi.Karena sebelumnya ada perbaikan las dan melepas minus battery maka terminal battery kami periksa.Battery dilepas dan dibersihkan terminalnya terhadap kotoran.Saat dilakukan pemeriksaan terhadap terminal battery ada terminal yang kendor dan tidak kencang penguncinya terhadap ground.

Semua telah dibersihkan dan terminal dipasang kembali.Kemudian kendaraan di test jalan trouble tidak muncul.Kendaraan pulang dengan trobule yang sudah teratasi dan beberapa hari di follow up apakah trouble tersebut muncul kembali atau tidak,hasilnya driver tidak ada kendala lagi terhadap mobilnya dan sudah baik.

Semoga bermanfaat dari artikel ini dan jangan share agar orang lain dapat mengetahui permasalahan dan cara penanganannya.

Komentar