HAL YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG FUNGSI DARI TUTUP BATTERY


BATTERY - Setiap kendaraan menggunakan battery sebagai sumber tenaga untuk membantu menyalakan mesin juga untuk membantu sistem kelistrikan di kendaraan.Tanpa adanya battery maka kendaraan tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk battery sendiri ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.Tidak hanya mengisi jumlah air accu di battery tetapi juga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap terminal battery dan yang paling penting adalah tutup battery.

Jika tutup battery hilang maka bisa menyebabkan air didalam battery akan tumpah sehingga akan membuat sekitarnya menjadi kotor.Tumpahan air aki sangat keras sekali apabila terkena tangan terasa gatal dan juga jika kena cat atau besi akan membuat korosi di permukaan part tersebut.

Tutup battery itu sendiri mempunyai lubang khusus yang berfungsi untuk ventilasi saat terjadi uap dari air aki di dalam battery.Jika kendaraan hidup maka terjadi pengisian tegangan dari alternator ke battery.Lama kelamaan battery menjadi panas dan air didalam battery akan menguap karena terjadi panas.uap tersebut dialirkan melalui tutup aki tersebut.

Jika terjadi battery meledak bisa jadi dikarenakan ventilasi di battery terhambat sehingga saat dibutuhkan aliran uap untuk melepaskan panas tidak ada sehingga aki akan panas dan akhirnya meledak.Jika ini terjadi maka kendaraan akan berhenti atau mogok karena tidak ada penyuplai tegangan dari battery.Duperlukan penggatian battery apabila hal ini terjadi.

Selalu periksa battery khususnya tutupnya dilepas dan dilihat apakah ventilasi berjalan dengan baik,untuk memberihkannya cukup dengan di tiup angin agar saluran ventilasi benar-benar tidak ada hambatan.

Komentar