MESIN MBREBET DAN STASIONER TIDAK STABIL PADA NISSAN GRAND LIVINA


NISSAN - Kendaraan injeksi bermesin bensin menggunakan empat silinder.Dari setiap silinder terdapat coil yang langsung menempel ke lubang busi.

Untuk model coil seperti ini adalah coil plug on top,dimana coil dan power transistor menjadi satu kesatuan termasuk dengan kabel businya.Trouble yang pernah di alami dan sering terjadi pada kendaraan nissan grand livina adalah engine mbrebet dan stasioner tidak stabil.

Dari analisa pemeriksaan dilakukan terhadap busi.Untuk membuka busi diperlukan untuk melepas intake manifold,dikarenakan posisi dari intake manifold menutupi lubang busi dan coilnya.Memang agak ribet namun konstruksi dari nissan dibuat seperti ini pasti ada sesuatu yang penting dan tentu ada tujuannya.

Dengan membuka busi diperiksa dari businya,dilakukan penggantian busi namun trouble masih terjadi.Untuk coil diperiksa satu persatu dan didapatkan coil pada silinder no 4 mengalami kerusakan.Kerusakannya yaitu tidak mengeluarkan bunga api sehingga engine mbrebet dan stasioner tidak stabil.

Setelah dilakukan penggantian coil dan dipasangkan pada kendaraan sesuai dengan posisi sebelumnya.Engine di start dan stasioner kendaraan menjadi stabil,saat di akselerasi kendaraan juga tidak ada kendala.Power akselerasi sangat terasa dibandingkan dengan sebelum dilakukan penggantian coil.

Coil terjadi kerusakan karena memang umur dari part kendaraan tersebut.Spare part electrical tidak bisa diprediksi kapan waktunya terjadi kerusakan.

Komentar