Penyebab Air Wiper Tidak Keluar Pada Kaca Depan Mobil


WASHER MOTOR - Pada kendaraan dilengkapi dengan mekanisme penunjang untuk kenyaman dalam berkendara.Misal pada siang hari kendaraan parkir di tempat berdebu maka akan banyak debu menempel di body kendaraan termasuk pada kaca depan mobil.

Jika dibiarkan dan saat malam kita menggunakannya maka pandangan kita diwaktu malam hari akan tidak fokus dan jelas terhadap kendaraan atau jalan di depan kendaraan.Maka untuk itu setipa mobil dilengkapi dengan wiper dan washer.

Dimana wiper adalah sarana untuk membersihkan kaca dengan sebuah tuas bergerak ke kanan dan kekiri untuk membersihkan kaca depan mobil anda.Untuk pelengkapnya washer berfungsi untuk memberikan air agar saat wiper bergerak semua kotora ikut tersapu bersama air.Hasilnya kaca depan kendaraan akan bersih kembali dan pandangan jelas terhadap jalan.

Apa yang terjadi jika washer tidak bisa bekerja dalam hal ini tidak bisa menyemprotkan air ke kaca.Bisa jadi air didalam tampungan washer kosong sehingga air tidak bisa keluar.Selang yang putus atau tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar ke nozzle untuk menyemprotkan air ke kaca.

Terakhir adalah motor wasger itu sendiri,bahwa dilengkapi dengan motor washer untuk mendorong agar air dapat bertekanan dan mampu naik ke kaca depan mobil dengan berupa butiran air kecil yang dapat menyebar ke seluruh bagian kaca depan.Sehingga wiper akan menyapu bersih semua kotoran yang menempel di kaca mobil.

Untuk memeriksa motor washer dengan menggunakan ohm meter,periksa tahanan kumparan motor washer apakah masih tersmbung atau tidak.Jika tidak ada continuitas maka kemungkinan motor washer pada kumparanya putus sehingga harus ganti motor washer.

Periksa juga tegangan yang ada pada socket yang masuk ke motor washer sebesar 12 volt,jika tidak ada kemungkinan bisa dari fuse,switch washer atau wiring harnes yang mengalami kerusakan.Periksa satu persatu darimana asal penyebab  kerusakan tersebut.

Komentar