PENYEBAB CHECK LAMP ABS NYALA SETELAH BONGKAR BEARING RODA DEPAN


MIRAGE - Disini saya akan berbagi pengalama tentang memperbaiki kendaraan mitsubishi mirage tipe exceed.Yaitu tipe mirage yang tertingi dengan menggunakan system OSS ( One Start Stop System ).Dimana system pengeremannya menggunakan system Anti Lock Brake System ( ABS ).

Perbaikan yang dilakukan adalah membongkar bearing roda depan.Terjadi keluhan kendaraan mengalami suara abnormal saat jalan dengan kecepatan tertentu.Kami menganalisa bahwa suara ini berasal dari bearing roda depan.

Bearing roda depan dibongkar dan diperiksa apakah terjadi kerusakan atau kering oleh grease.Terjadi grease yang mengering kemudian dilakukan pelumasan grease terhadap bearing karena tidak ada kerusakan oleh bearingnya.Semua dilakukan pelumasan lalu dipasang kembali bearing seperti semula.Didapatkan setelah kendaraan berjalan check lamp ABS menyala,dibuat jalan agak jauh lampu tidak bisa mati,kemudian dihapus mengguanakan scan injeksi juga tidak mau mati.

Dari sini ternyata untuk system ABS menggunakan sensor di roda berdasarkan sinyal kemagnetan di bearing roda.Kemungkinan bearing yang dibongkar tadi mengalami kerusakan pada medan magnetnya sehingga sensor tidak dapat membaca system electronic di ABS system.

Setelah diganti dengan bearing baru dengan kode part 3885A039,kemudian dipasangkan dikendaraan system ABS masih menyala.Lalu kendaraan dibuat jalan akhirnya check lamp ABS mati dengan sendirinya.

Sebaiknya jika terjadi suara abnormal pada kendaraan mitsubishi mirage terutama suara tersebut berasal dari roda depan khususnya dari bearing maka harus ganti set.Jika di lumasi maka bisa menyebabkan check lamp ABS menyala.Dikarenakan untuk tipe mirage exceed menggunakan bearing yahg berbeda dari tipe kendaraan mirage lainnya.Yaitu bearingnya mengandung magnet yang perlu diketahui.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan atau referensi jika akan memperbaiki bearing roda depan mitsubishi mirage.

Komentar