PENYEBAB KEBOCORAN OLI SEKITAR TRANSMISI PADA COLT DIESEL CANTER


CANTER - Permasalahan tentang kebocoran oli atau rembes oli pada kendaraan sangat mengganggu sekali.Dikarenakan menyebabkan kendaraan terlihat tidak bersih dan kotor juga akan mempengaruhi fungsi dari engine.

Oli mesin yang berkurang akan menyebabkan kerusakan dan bahkan jika sampai habis kerusakan mesin akan terjadi.Kali ini kebocoran oli mesin terjadi pada colt diesel canter yang rembesanya menyebar sekitar transmisi dan carter seperti terlihat pada gambar.

Analisa dari kebocoran oli ini kita harus tahu bahwa rembesan oli tersebut bisa dari transmisi atau dari oli mesin.Jika oli berwarna hitam maka kebocoran terjadi pada oil seal crankshaft bagian belakang.Berbeda dengan jika oli berwarna kuning bening adalah oli dari transmisi.

Disini terlihat oli rembesan berwarna hitam yang menandakan bahwa rembesan dari oli mesin.Analisanya adalah seal crankshaft belakang.Setelah kendaraan di bongkar ternyata memang benar kebocoran dari seal crank shaft.Dengan diganti seal crankshaft denan yang baru dan dipasangkan di kendaraan.Untuk melepas seal crankshaft belakang diperlukan untuk melepas transmisi dan koplingnya sehingga waktu yang dibutuhkan juga lama.

Setelah semua spare part seal crankshaft belakang yang baru dipasang dan juga pada kopling dan transmisinya semua setelah selesai maka kendaraan dibersihkan sisa dari rembesan oli tersebut.Hal ini dimaksudkan agar jika terjadi kebocoran oli lagi akan terlihat rembesan baru karena sebelumnya telah dibersihkan.

Kendaraan dicoba untuk test drive dan setelah beberapa kilometer berjalan di periksa kembali apakah terjadi rembesan oli kembali atau tidak.Setelah diperiksa rembesan tidak ada sehingga kesimpulannya adalah oli rembes atau bocor tadi karena oil seal crankshaft bagian belakang yang rusak.

Komentar