PENYEBAB KONDISI BAN DEPAN MAKAN TIDAK RATA PADA MITSUBISHI COLT DIESEL CANTER


CANTER - Kendaraan pada steeringnya dilengkapi dengan penyetealn khusus yang disebut dengan wheel aligmnet atau sering disebut juga dengan spooring.Agar kendaraan tetap dalam stabil pada steeringnya pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Jika kendaraan sudah keluar dari dealer dan digunakan beberapa bulan bahkan tahun maka system di spooringnya akan berubah sesuai dengan kerusakan dan perubahan setealan spooring di roda bagian depan.

Hal yang sering terjadi pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter adalah adanya kondisi dari ban depan yang ausnya tidak merata.Jika sudah tidak rata maka steering akan menjadi tidak stabil saat dikendarai.Penyebab dari masalah ban aus tidak rata dari berbagai hal,bisa dari bearing yang aus,tie rod,king pin,draglink dan setelan dari side slipnya.

King pin yang kocak menjadi penyebab utama ban depan aus yang tidak merata.Jika terjadi play atau kocak yang banyak maka diperlukan penyetelan atau penggantian kingpin agar steering menjadi stabil.Tie rod yang kocak juga mempengaruhi namun hanya membuat steering menjadi play banyak bahkan steering bisa menjadi getar saat kecepatan tertentu.

Draglink kocak hampir sama dengan kondisi tie rod yang rusak tadi.Setelah semua dilakukan pemeriksaan pada tie rod,king pin,draglink dan semuanya dalam kondisi normal.Maka penyetelan side slip perlu dilakukan untuk langkah terakhir.Yaitu penyetelan Toe In dan Toe Out dilakukan agar setelanya seimbang sehingga ban depan ausnya merata di setiap bagian.

Apabila terjadi steering getar pada kecepatan tertentu maka diperlukan balancing pada roda depan sehingga spooring akan lengkap dengan adanya balancing.

Komentar