PENYEBAB SERINGNYA OLI REMBES PADA MITSUBISHI L300


OLI - Bocor atau rembes menjadi kendala tersendiri pada kendaraan,karena mengurangi tingkat kebersihan dari mesin juga dapat mengurangi jumlah oli didalam mesin sehingga akan berakibat terjadi kerusakan mesin yang fatal jika sampai kehabisan oli mesin.

Pada kendaraan mitsubishi l300 dengan mesin diesel sering terjadi kebocoran oli mesin terutama pada bagian frontchase dari engine.Jika terlihat dari bawah maka bagian depan bawah pulley akan banyak sekali rembesan oli mesin.Jika kendaraan sudah berumur lebih dari 80.000 km maka sering terjadi masalah seperti ini.

Yang terjadi jika ada rembesan oli hingga sampai menetes maka sebaiknya segera periksakan kendaraan anda ke bengkel terdekat untuk memperbaiki dari mana penyebab kebocoran oli mesin.Kalau dilihat dari rembesan oli terjadi dari bagian dalam area timing belt.

Dengan melepas timing belt maka akan terlihat dari mana kebocoran oli mesin.Kebanyakan terjadi dari seal balancer sebelah kiri dan kanan.Karena seal balancer mempunyai umur dan tidak mampu untuk menahan oli pada sealnya sehingga berakibat oli akan rembes.Dengan mengganti seal balancer pada bagian kanan dan kiri maka masalah kebocoran oli akan teratasi.

Oli yang rembes jika dibiarkan akan mengakibatkan masuk ke dalam area timing belt.Timing belt menjadi basah dan mengurangi tingkat ke elastisan dari karet timing belt.Akibatnya karet akan semakin berubah bentuk karena terkontaminasi dengan oli.Timing belt harus benar-benar kering agar tidak terjadi kerusakan pada engine.

Komentar