TROUBLE HEAD LAMP KADANG NYALA DAN MATI DENGAN SENDIRINYA PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT


Trouble terjadi pada kendaraan mitsubishi Pajero Sport dengan pemilik kendaraan mengeluhkan saat kendaraan dipakai pada malam hari untuk head lampnya kadang mati dengan sendirinya.Kemudian beberapa saat head lamp nyala kembali sehingga sangat tidak nyaman jika kendaraan dipakai pada malam hari.

Setelah kendaraan masuk bengkel dan diperiksa memang terjadi trouble demikian.Saat kendaraan dalam posisi berhenti kemudian saklar lampu dinyalakan untuk posisi tail lamp.Lampu untuk tail lamp atau lampu kota menyala saat switc diposisikan lampu kota.Ketika switch diposisikan ke head lamp maka lampu di indikator dashboard kedip-kedip,hal ini tidak normal sehingga da kemungkinan masalah terjadi pada system electricalnya.

Switch head lamp di posisika ke On maka lampu kepala menyala,selang beberapa menit ketika head lamp kita amati terjadi hal aneh yaitu head lamp kedip-kedip dan beberapa detik lampu head lamp mati.

Semuaa system diperiksa dari fuse,relay dan kabel wiring harnes.Semua dalam kondisi baik dan tidak ada masalah yang berarti.Switch head lamp atau saklar kita lepas untuk memastikan kondisi dari switch itu sendiri.Diamati dan diperiksa terminal tidak ada yang rusak maupun terlihat seperti terbakar berwarna hitam,semua dalam kondisi baik.

Untuk switch sendiri di socket terminal terdapat pelumas yang berfungsi untuk menghindari terminal dari korosi dan hubungan yang tidak baik sesama terminal.Untuk itu socket terminal diberikan pelumas atau grease khusus kemudian dipasangkan kembali di rumah steering dari switch head lamp.

Setelah semua dipasang kemudian diperiksa di scan injeksi atau MUT III untuk scan khusus mitsubishi.Diposisikan di ETACS akan terlihat dari switch head lamp akan berfungsi dengan baik atau tidak.

Saat switch dinyalakan,lampu depan baik tail lamp atau head lamp menyala tanpa kendala.Kendaraan dinyalakan dan dibuat test drive dengan lampu masih menyala tidak mengalami kendala yang berarti.Trouble sudah teratasi dan semoga bermanfaat bagi mekanik yang sedang mengalami hal yang sama seperti kasus trouble di atas.

Komentar