Cara Pemeriksaan Injector Pada Mitsubishi Pajero Sport


INJECTOR - Merupakan komponen utama pada kendaraan yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan tekanan tinggi sehingga bahan bakar tersebut akan menjadi kabut dan mudah untuk terbakar.

Jika kualitas bahan bakar jelek dan kotor meskipun pemeriksaan dan penggantian fuel filter dilakukan secara rutin tidak menutup kemungkinan bahwa bisa terjadi kerusakan pada injectornya.Baik itu injector bisa tersumbat atau injector bocor.

Jika injector tersumbat kemungkinan adalah adanya kotoran yang masuk ke dalam system injeksi yang terlewat oleh fuel filter dam masuk ke injektor.Kotoran tersebut menutup lubang injeksi sehingga berakibat mesin akan brebet.Apabila injector tersumbat maka engine tidak dapat hidup karena tidak terjadi penyemprotan bahan bakar.

Berbeda jika injector bocor maka engine dapat menyala namun asap diknalpot sangat tebal sekali karena sisa fuel yang tidak terbakar.Cara pemeriksaan injector ada dua cara yaitu pemeriksaan pengabutan bahan bakar dan pemeriksaan kebocoran dari injector tersebut.

Untuk pemeriksaan pengabutan pada injector dipasang di nozle test kemudian dengan cara dipompa sampai tekanan tertentu sesuai standarnya lalu ujung dari socket diberikan tegangan sementara dari battery yaitu tegangan + dan tegangan - . Berikan beberapa saat sampai bunyi klik dan terlihat pengabutan dari injector.Jika pengabutan dalam kondisi bisa menyebar menandakan bahwa injector dalam kondisi baik.Berbeda dengan injector pengabutanya hanya sebelah dan tidak menyebar  bahkan pengabutannya lurus.Bisa jadi injector tersumbat kotoran sehingga perlu dilakukan pembersihan.

Test pemeriksaan kedua yaitu test keborocoran injector.Dengan dipasang di test nozle berikan tekanan maksimal yaitu sekitar 60MPA dan tahan beberapa saat.Sambil kita lihat ujung dari nozle apakah terjadi tetesan bahan bakar atau tidak.Jika tidak ada tetesan bahan bakar menandakan injector dalam keadaan baik.Jika ada tetesan saat dilakukan test ini berarti injector rusak dan perlu diganti.Untuk test kedua ini tidak diperlukan tegangan battery untuk memeriksanya.

Demikian cara pemeriksaan nozle pada kendaraan diesel common rail system pada mitsubishi pajero sport.

Komentar