Hati-Hati Saat Melewati Genangan Air Laut Jika Tidak Ingin Terjadi Seperti Ini Pada Colt Diesel Canter


Sering terjadi yang namanya ROB atau genangan air laut yang sedang pasang menyebabkan banjir dimana-mana.Jalan utama tertutup air laut sehingga mau tidak mau kendaraan akan melewati jalan tersebut.

Jika sering melewati jalan seperti ini maka segera lakukan bilas dengan air bersih pada suspensi dan bagian bawah kendaraan.Pernah saya temui yaitu kendaraan baru masih kilometer sedikit mengalami king pin macet.Dikarenakan sering melewati daerah yang terkena air rob.

Saat itu pelanggan datang ke bengkel dengan keluhan steeringnya terasa berat sekali,padahal kendaraan sudah menggunakan power steering.Setelah semua diperiksa maka pada king pin mengalami macet dibagian kanan dan kiri.Namun untuk yang sebelah kiri macetnya sudah terlalu parah.

Menurut info dari pelanggan kendaraan habis melewati genangan rob dan tidak bisa menghindar karena jalan utamanya dalah jalan tersebut.Setelah dibongkar dan dibersihkan kemudian dilakukan penyetelan ulang.As dari king pin sudah terkena karat sehingga pergeraknya kurang lancar.Maka semua dibersihkan dan di berikan grease ulang.

Semuanya dipasang kembali setelah proses perbaikan dan dicoba untuk steeringnya kembali normal.Steering menjadi ringan kembali seperti sedia kala.Disini tidak ada part yang rusak dan part yang diganti.Hanya bagian king pin yang macet terkena korosi oleh air laut tadi.

Jadi lebih baik setelah kendaran melewati jalan dengan genangan air rob atau air pasang dari laut maka sebaiknya segera cuci kendaraan terutama dibagian bawah sehingga sisa air laut akan terbilas dan akan menghindari korosi pada part yang lainnya.

Komentar