Pentingnya Karet Boot Steering Pada Kendaraan Agar Tidak Terjadi Seperti Ini


Pada kendaraan dilengkapi dengan steering yang berfungsi untuk mengerakkan roda ke kanan dan kekeri sehingga dapat berbelok sesuai arah jalan dan kendaraan.

Banyak yang belum mengerti bahwa steering dilengkapi dengan berbagai macam komponen yang menjadi satu kesatuan.Ada tie rod,long tie rod dan steering gearbog.Untuk tipe steering gerabog penggerak roda depan sering menggunakan tipe rack and pinion.Ini berbeda dengan gearbox tipe worm gear.

Untuk tipe steering rak and pinion menggunakan long tierod yang dihubungkan dengan tie roda ke arah roda.Pada steering tipe ini menggunakan boot steering yaitu karet yang terlihat seperti gambar diatas.Karet ini berfungsi untuk menutupi steering dari bahaya kotoran,debu dan air yang akan bisa masuk ke steering rakc and pinion sehingga bisa mengakibatkan stering as menjadi aus.

Apabila sudah aus maka akan mengakibatkan terjadi rembesan oli power steering di sekitar rack and pinion.Seal power stering tidak akan bisa menahan aliran minyak power yang bertekanan sehingga terjadi rembesan tadi.

Maka untuk itu jika boot steering kendaraan anda sobek maka sebaiknya segera lakukan penggantian karet boot tersebut,agar kerusakan tidak merambah ke komponen lain di system steeringnya.Karena untuk memperbaiki system steering membutuhkan dana yang lumayan untuk menguras dompet.

Komentar