Penyebab Suara Noise Saat Belok Pada Kendaraan Penggerak Roda Depan


Pada kendaraan penggerak roda depan menggunakan drive shaft sebagai mana sarana penghubung untuk putaran dari transmisi ke roda.kerja cv joint sangat berat karena selain sebagai penghubung putaran ke roda juga dapat menahan putaran roda tetap stabil meskipun dalam posisi kendaraan berbelok.

Hal yang sering terjadi jika kendaraan sudah mulai masuk usia adalah dengan adanya timbul suara krak-krak di roda terutama saat kendaraan berbelok penuh baik saat mundur atau maju.Suara tersebut adalah berasal dari cv joint yang sudah aus.

Jika hal ini terjadi maka segera periksakan kendaraan anda ke bengkel terdekat karena jika dibiarkan maka cv joint akan rusak semakin parah dan hal yang fatal adalah cv joint dapat putus dari rumahnya sehingga kendaraan tidak akan bisa bergerak.Dikarenakan putaran transmisi tidak diteruskan ke roda.

Perhatikan apakan suara krak-krak saat belok terdengar pada roda bagian depan sebelah kanan atau kiri.Jika sebelah kiri maka sebaiknya ganti cv joint nya.Untuk cv joint ada dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam.Jadi di kendaraan ada 2 cv joint sebelah kiri yaitu bagian luar dan dalam.Sebelah kanan juga demikian ada dua buah cv joint.

Cv joint yang rusak tidak dapat diperbaiki dan harus ganti secara assy.Jika salah satu rusak maka sebaiknya ganti set misalkan pada bagian kiri rusak pada bagian dalam maka sebaiknya bagian luar juga perlu diganti karena tidak menutup kemungkinan tidak dalam waktu yang lama juga akan rusak.Apabila sudah diganti bagian dalam dan luar maka kita sebagai pemilik kendaraan juga akan merasa lebih tenang saat kendaraan digunakan.

Komentar