Tips Memeriksa Minyak Power Steering Pada Mobil


STEERING - Kendaraan menggunakan system steering bertujuan untuk mengontrol roda depan agar kendaraan dapat belok ke kanan dan kekiri juga agar kendaraan stabil waktu dikemudikan.

Power steering adalah system dimana kendaraan mengaplikasikannya agar didapatkan steering yang ringan dan stabil.Jika kendaraan tidak dilengkapi dengan power steering maka steering akan menjadi lebih berat.Dimana kendaraan sekarang menggunakan teknologi terbaru yaitu electric power steering dan tipe yang lama power steering hidrolik.

Pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah tentang hidrolik power steering.Power steering ini menggunakan minyak khusus yang untuk aliran hidroliknya sehingga jika minyak ini habis atau berkurang bisa menyebabkan power steering menjadi berat.

Banyak faktor yang menyebabkan minyak power steering berkurang dari selang,seal dalam pompa power steering,seal gearbog yang mengalami kerusakan dan lain-lain.Apabila hal ini dibiarkan maka saat mengendarai kendaraan akan terasa sangat tidak nyaman karena steering lebih berat.

Kebocoran oli power steering dapat diketahui lebih dini dengan cara memeriksa dari tampungan atau reservoir minyak power steering.Di reservoir tersebut terdapat tanda batasan jumlah minyak power steering dari posisi low atau upper.Disini dimaksudkan bahwa saat mengisi oli maksimal di posisi garis upper.

Dari sini dapat kita lihat saat membuka kap mesin,periksa reservoir dari jumlah minyak power steering.Jika berkurang maka ditambahi sampai jumlah sesuai garis upper.Beberapa hari kemudian kita periksa lagi dari jumlah minyak power steering,apabila berkurang menandakan ada masalah di power steeringnya yaitu ada kebocoran di system power steering.

Minyak power steering yang jumlahnya berkurang dalam waktu singkat menandakan kerusakan atau terjadi kebocoran yang sudah termasuk kategori parah sehingga perlu dilakukan perbaikan.Berbeda jika jumlah minyak power steering yang berkurang namun dalam waktu yang lama bisa jadi kebocoran namun masih dalam kata wajar,cukup selalu memeriksa minyak power steering jangan sampai kehabisan.

Demikian tips memeriksa minyak power steering pada mobil agar anda lebih tahu dan mengerti akan kendaraan yang sering anda gunakan setiap hari.

Komentar