Tips Merawat Accu Mobil Agar Berumur Lebih Lama


Accu atau battery pada kendaraan sangat vital fungsinya,namun banyak dari pemilik kendaraan yang jarang sekali care terhadap mobilnya.Sampai memeriksa air accu mungkin saja tidak pernah.sehingga kendaraan saat mau di pakai tiba-tiba tidak dapat distarter.

Maka hal ini jadi permasalahan yang seharusnya dapat di cegah dengan cara merawat accu secara rutin yang dapat anda lakukan sendiri dirumah.Dengan cara sederhana selalu periksa jumlah air di dalam accu,masih dalam posisi aman ataukah sudah dibawah garis minimal.Jika berkurang isi air accu sendiri karena tinggal membuka tutup accu lalu tuang air accu sampai batas maksimal.Jangan sampai terlalu penuh karena air accu bisa tumpah.

Untuk Accu sendiri karena merupakan barang electronic ternyata mempunyai umur pemakaian.Biasanya accu bertahan kurang lebih bisa sampai satu setengah tahun dan tergantung perawatan accu.Ada juga yang kurang dari satu tahun accu sudah lemah dan tidak bisa menyimpan tegangan sehingga perlu di ganti.

Caranya agar accu tetap awet adalah dengan selalu memeriksa jumlah air accu,terminal battery selalu dibersihkan dan yang lebih penting adalah ganti air aki dengan accu zuur setiap enam bulan sekali.Maksudnya buang air accu didalam accu kemudian isikan accu zuur atau aki sir yang banyak dijual ditoko spare part.

Setelah di isi accu zuur maka accu perlu dilakukan charging kurang lebih 4 jam sehingga accu akan kembali sehat kembali.Proses charging selesai maka pasang kembali accu di kendaraan dan siap untuk digunakan.

Komentar