Tips Mudah Memeriksa System Rem Pada Mobil


Kendaraan dilengkapi system rem untuk membantu mengurangi kecepatan kendaraan sehingga kendaran menjadi pelan dan akhirnya berhenti.System rem dilengkapi dengan beberapa komponen yang berhubungan satu sama lainnya.

Jika pada bagian atas ada master rem dan pada bagian roda ada cylinder rem.Sebagai pemilik kendaraan jarang sekali bisa untuk memperbaiki kendaraannya,dengan saya membuat artikel ini dimaksudkan agar anda bisa memeriksa dan mengetahui kerusakan system pengereman lebih dini sehingga kendaraan aman saat di kendarai.

Hal yang perlu diketahui dan yang paling mudah adalah kondisi dan jumlah minyak rem,karena letaknya yang gampang dilihat dan mudah untuk diperiksa.Berbeda jika akan memeriksa kampas rem dan seal roda harus melepas roda terlebih dahulu agar bisa untuk diperiksa.

Dengan memeriksa dari minyak rem maka kita dapat menentukan apakah system rem dalam kondisi normal,baik atau perlu dilakukan perbaikan.Di reservoir tempat untuk minyak terdapat tanda garis low dan upper.Dimana tanda tersebut berfungsi untuk mengisi jumlah yang sesuai pada reservoir.Jika mengisi diatas batas upper maka jika terjadi goncangan dikendaraan minyak rem akan tumpah.Harap diperhatikan bahwa minyak rem sangat tidak baik untuk cat kendaraan,karena minyak rem dapat merusak cat dikendaraan.Jika cat atau body kendaraan terkena minyak rem maka segera lakukan siram dengan air agar minyak rem luntur dan cat menjadi aman.

Apabila minyak rem berkurang dibawah garis upper atau bahkan di bawah garis low maka kemungkinan system rem mengalami kebocoran minyak rem sehingga kendaraan perlu dilakukan pemeriksaan ke bengkel terdekat.Jika ini dibiarkan maka system rem tidak bekerja dan dapat menyebabkan kecelakaan dalam berkendara.Kebocoran rem sering terjadi di roda bagian belakang yang masih menggunakan system rem tromol untuk sebagian kendaraan.

Berbeda jika saat kita melakukan pengereman rem menjadi dalam dari biasanya.Hal ini bisa disebabkan oleh kampas rem yang sudah tipis atau sudah aus sehingga perlu dilakukan penggantian kampas rem.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi alternatif sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya lakukan pemeriksaan yang mudah seperti pada artikel tersebut.

Komentar