Penyebab Ban Makan Tidak Rata Pada Mitsubishi Colt T 120 SS


Kendaraan mitsubishi colt t 120 sering terjadi keluhan ban pada bagian roda depan mengalami keausan yang tidak merata.Keausan terjadi pada bagian roda sebelah dalam,baik di roda sebelah kanan atau sebelah kiri.

Ban aur bagian dalam karena setelan spooring dalam hal ini camber terlalu banyak sehingga roda cenderung miring ke arah dalam sehingga jika kendaraan berjalan hanya ban bagian dalam yang bersentuhan dengan jalan yang mengakibatkan ban cepat aus bagian dalam.Terlebih jika kendaraan bermuatan maka kemiringan ban akan semakin banyak dan keausan ban akan semakin cepat.

Jika dibiarkan maka ban akan gundul pada bagian dalam dan menyebabkan kestabilan saat mengemudi akan berkurang.Maka untuk itu dilakukan pemeriksaan ban dengan cara spooring pada roda depan.Karena tipe suspensi bagian depan untuk camber tidak dapat di stel secara manual maka dengan membuat shock absorber lebih keras maka kecenderungan ban miring saat bermuatan akan semakin berkurang.

Dengan shock absorber di suntik ditambah minyak shock maka semua akan kembali normal.Jangan lupa untuk side slip yaitu jarak roda depan bagian dengan dengan karak roda depan bagian belakang di stel juga sehingga didapatkan setelan toe in yang benar.Karena jika setelan tidak pas membuat steering tidak stabil.

Untuk spooring diperlukan pemeriksaan hub bearing dan tierod harus dalam keadaan tidak kocak,termasuk bhusing steering dlam keadaan baik sehingga hasil spooring akan lebih maksimal.

Komentar