Penyebab Engine Nyendat-Nyendat Saat Kecepatan Tertentu Pada Kendaraan Injeksi

Pada pagi hari ini dibengkel kedatangan tamu yaitu customer yang mengeluhkan kendaraanya mengalami kendala engine nyendat-nyendat saat kecepatan tertentu.Dan juga kadang mati sendiri ketika kendaraan berjalan sehingga saat kendaraan dibuat untuk bekerja mengangkut barang maka akan sangat mengganggu sekali.


Kendaraan ini yang mengalami trouble adalah mitsubishi colt t 120 ss dengan system injeksi.Setelah diketahui troublenya maka dilakukan pemeriksaan pada engine.fuel filter dan semua komponen yang berhubungan dengan system injeksi.Dari coil,busi dan kabel busi juga dilakukan pemeriksaan.

Filter bensin yang dibuka dan terlihat sangat kotor sekali sehingga dilakukan penggantian pada filter bensinya.Namun trouble masih terjadi ketika kendaraan berjalan sejauh 20 kilometer toruble terjadi kembali yaitu engine nyendat-nyendat kembali.

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap tekanan bahan bakar saat terjadi trouble engine nyendat-nyendat didapatkan semprotan tekanan dari bahan bakar oleh fuel pump terlihat lemah.Tidak bisa sampai dengan tekanan yang maskimal.Namun setelah kendaraan diberhentikan beberapa menit kurang lebih 15 menit sampai dengan 30 menit maka kemudian engine di start dan normal kembali.

Didalam tangki bahan bakar juga terdapat fuel filter  yang dimana bisa jadi penyebab engine mbrebet.Namun terlihat fuel filter yang ada didalam tangki tidak terlalu kotor sehingga analisa dari trouble ini adalah fuel pump yang lemah saat kendaraan berjalan agak jauh.

Dengan ini fuel pump bekerja terus menerus sehingga akan menjadi panas dan berakibat kerja dari fuel pump tidak maksimal yaitu bahan bakar akan berkurang yang akan disalurkan ke system injeksi.Hal ini berakibat injector dalam mengabutkan bahan bakar tidak sesuai dengan tekanan bahan bakar.

Ganti fuel pump adalah solusi untuk service pada trouble seperti ini.Setelah dipasang pada kendaraan dan dicoba test drive trouble engine nyendat-nyendat hilang.Kendaraan juga di coba dalam perjalanan jauh namun trouble tidak muncul yang artinya trouble nyendat-nyendat penyebabnya adalah dari fuel pump.

Komentar