Penyebab Kopling Alot Dan Susah Masuk Gigi Transmisi Pada Nissa Grand Livina


Pada kendaraan transmisi manual yang menggunakan system hidrolik pada kendaraan nissan yaitu grand livina pada reservoir kopling menjadi satu dengan reservoir minyak rem.Maka jika minyak rem berkurang dapat disebabkan oleh kebocoran dari system rem atau kebocoran dari system kopling.

Pada pembahasan kali ini pada grand livina terjadi trouble tranmisi susah masuk gigi,jadi saat akan kendaraan berjalan memasukan gigi transmisi sangat alot sekali.Hal ini dikarenakan system hidrolik pada koplingnya ada masalah.Yaitu terjadi kebocoran minyak kopling sehingga tidak ada tekanan minyak kopling terhadap release beraing.

Jika demikian maka perlu diketahui dari mana penyebab rembesan minyak kopling apakah dari hidrolik atas yaitu master kopling atau hidrolik bawah yaitu power clucthnya.Jika terjadi rembesan sekitar transmisi maka bisa jadi penyebabnya adalah power clutch yang rusak.

Karena model power clutch pada kendaraan grand livina ada didalam mekanisme kopling yaitu didalam maka jika akan mengganti harus menurunkan transmisi terlebih dahulu.Sehingga power clutch baru bisa dilepas dan diganti dengan yang baru.Untuk penggantian gunakan selalu genuine part jika ada karena kualitas bahan akan lebih baik dari part yang non genuine.

Seperti terlihat pada gambar diatas minyak kopling sudah menyebar ke seluruh rumah dari transmisi.Sehingga saat penggantian sekalian dibersihkan sehingga jika terjadi rembesan akan terlihat dari mana asalnya.

Tipe ini pada release bearing menjadi satu kesatuan pada power clutchnya sehingga jika rusak maka penggantian harus assy.Karena letaknya didalam dan harus turun transmisi saat memperbaiki power clutch maka lakukan juga pemeriksaan pada koplingnya.Apabila sudah aus lakukan penggantina sehingga kinerja kopling akan semakin lebih baik saat kendaraan dikendarai.

Kontruksinya sangat simpel dan cara melepasnya juga mudah namun karena letaknya yang didalam transmisi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kopling pada grand livina agak lama.Apabila trouble masih terjadi kemungkinan adalah master kopling yang mengalami kerusakan.

Komentar