Steering Goyang Pada Mitsubishi Grandis Bisa Disebabkan Oleh Part Ini


Pada kendaraan yang sudah mulai lanjut usia dalam arti sudah berumur sepuluh tahun lebih dari produksi maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponen di mobil.Karena kemungkinan dari part yang bergerak dan bergesekan akan aus sehingga menimbulkan kerusakan.

Di artikel ini yang akan saya bahas tentang steering yang mengalami goyang saat kendaraan berjalan pada kecepatan tertentu.Dari analisa dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain dari ban yang tidak balance,bearing kocak dan sistem kemudi yang aus.

System kemudi yang aus dapat dipecah lagi menjadi beberapa bagian yaitu dari tie rod yang kocak,long tierod dan bhusing steringnya.pembahasan kali ini adalah tentang long tierod yang sudah aus.Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengangkat roda bagian depan kemudian ban depan kita gerakan kekanan dan kekiri.Maka akan terihat play pada pada roda tersebut bisa dari sebelah kanan atau kiri.

Jika terasa kocak dan muncul play pada roda saat roda di gerakan kekanan dan kekiri maka kemungkinan yang rusak adalah tie rod atau long tierodnya.Dengan cara ada yang melihat tie rod dan long tierod lalu seseorang yang menggerakan ban.Terlihat ada play atau kocak dipastikan pada bagian tie rod atau long tierodnya.

Untuk long tierod terlihat seperti pada gambar diatas.Jika kocak maka diganti secara assy.Jika kocak maka menyebabkan steering goyang dan tidak stabil terutama pada saat berjalan di jalan yang bergelombang akan sangat terasa sekali.Ganti long tierod dan lakukan penyetelan pada side slipnya sehingga steering akan menjadi stabil kembali

Komentar